Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN : Perkuat Standardisasi di Yogyakarta

  • Rabu, 05 Februari 2020
  • Humas BSN
  • 799 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) berkeinginan memperkuat standardisasi dan penilaian kesesuaian di wilayah Yogyakarta. Sejauh ini, telah banyak kegiatan SPK di provinsi tersebut. Tercatat, BSN telah membina 27 UKM dalam meraih Standar Nasional Indonesia (SNI) dan kerjasama dengan tujuh perguruan tinggi wilayah Yogyakarta. Sementara, Lembaga penilaian kesesuaian (LPK) di wilayah Yogyakarta berjumlah kurang lebih 13 dan sembilan industri penerap SNI.

Hal tersebut disampaikan Kepala BSN, Bambang Prasetya kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam audiensi Kepala BSN di Kantor Gubernur DIY pada Selasa (04/02/2020).

Selain melaporkan hal tersebut, Bambang  yang didampingi Sekretaris Utama BSN, Puji Winarni dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri juga menyampaikan rencana kegiatan BSN yakni dalam rangka Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional, BSN akan menyelenggarakan Indonesia Quality Expo (IQE) yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-15 November 2020 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta. Dalam IQE ini akan memamerkan berbagai produk unggulan ber-SNI dan layanan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian yang akan diikuti 130 booth yang terdiri dari lebih dari 70 instansi dari seluruh Indonesia. Pameran ini juga akan diisi dengan berbagai side event seperti lomba edukasi SNI, talk show/ demo produk SNI, kunjungan industri penerap SNI dan akan dimeriahkan dengan berbagai hadiah door prize dan grand prize produk ber- SNI.

Selain IQE, akan dilaksanakan juga Konvoi Kampanye Kendaraan Listrik dan Sepeda Ber-SNI (E-Bike Ride) 2020 pada tanggal 15 November 2020. Program yang diadakan untuk mendukung program langit biru kali ini mengusung tema "Goes to Campus" dengan memilih area kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk rute konvoi. Kegiatan ini akan diikuti oleh lebih dari 700 peserta yang terdiri dari pemerintah, tamu undangan, masyarakat umum, dan civitas akademika UGM.

Audiensi Kepala BSN juga sekaligus menyampaikan selamat kepada Bapak Gubernur yang telah meraih Tokoh Standardisasi 2019. Penghargaan tersebut diberikan pada acara Bulan Mutu Nasional di Semarang pada Oktober 2019 lalu. Penganugerahan kepada Sri Sultan HB X karena dinilai sebagai tokoh yang berperan dalam menyuarakan pentingnya standardisasi dan pengembangan SNI.

Pada kesempatan audiensi tersebut, Sri Sultan HB X menyampaikan bahwa literasi merupakan hal yang penting. "Literasi terhadap penerapan standar oleh masyarakat ini menjadi penting supaya masyarakat bisa tahu dan bisa menerapkan SNI dan meningkatkan kualitas produk yang dimiliki," ujarnya. 

Sultan HB X berharap untuk dapat mewujudkan hal tersebut, BSN dapat bekerja sama dengan Pemda dalam hal edukasi, pembimbingan, dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam penerapan SNI.(Humas)