Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sertifikasi Destinasi Pariwisata Demi Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan

  • Jumat, 27 September 2019
  • Humas BSN
  • 2953 kali

Pariwisata berkelanjutan adalah pariwisata yang memperhitungkan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan saat ini dan masa depan. Selain itu, pariwisata berkelanjutan memenuhi kebutuhan pengunjung, industri, lingkungan dan masyarakat setempat, serta dapat diaplikasikan ke semua bentuk aktifitas pariwisata di semua jenis destinasi wisata, termasuk wisata masal dan berbagai jenis kegiatan wisata lainnya.

Sedangkan Sustainable Tourism Certification (STC) adalah program pensertifikasian untuk destinasi pariwisata yang telah mengimplementasikan konsep pariwisata berkelanjutan. Kementerian pariwisata telah membentuk Dewan Pembangunan Kepariwisataan Berkelanjutan - Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC), yang akan mengepalai proses sertifikasi destinasi pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Sekretaris Jenderal Komite Akreditasi Nasional (KAN), Kukuh S. Achmad menyerahkan Sertifikat Akreditasi kepada ISTC sebagai Lembaga Sertifikasi resmi yang berhak mensertifikasi destinasi pariwisata berkelanjutan di tingkat nasional. Penyerahan Sertifikat Akreditasi dilakukan dalam rangkaian penyelenggaraan Indonesia Sustainable Tourism Award Festival (ISTAFest) 2019, Kamis (26/9/2019), di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. Sertifikat Akreditasi diterima oleh Ketua ISTC yang juga Menteri Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2000-2004, I Gede Ardhika dengan disaksikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani.

Kukuh juga turut membuka acara ISTAFest ini dengan memukul lesung bersama-sama dengan Asisten Deputi Pengembangan Infrastruktur Dan Ekosistem kementerian Pariwisata , Indra Ni Tua; Ketua ISTC sekaligus Menteri Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2000-2004, I Gede Ardhika; Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani; dan Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Pariwisata, Valerina Daniel.

ISTAFest merupakan selebrasi pariwisata berkelanjutan di Indonesia yang bertujuan untuk mensosialisasikan pemahaman pariwisata berkelanjutan serta mempromosikan destinasi pariwisata yang sudah menerapkan pariwisata berkelanjutan sesuai Peraturan Menteri Pariwisata No. 14 tahun 2016.

Dan puncak kegiatan ISTAFest yaitu Malam Penganugerahan Indonessia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019. Pada malam penganugerahan tersebut akan diumumkan destinasi pertama Indonesia yang telah tersertifikat peringkat emas nasional oleh ISTC dan 5 kandidat destinasi untuk disertifikasi pada tahun 2020 yang merupakan pemenang ISTA 2017-2019. Sertifikasi destinasi pariwisata berkelanjutan di Indonesia dilakukan oleh asesor yang telah disertifikasi oleh Global Sustainable Tourism Council (GSTC). (iyan-humas)