Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Aktif dalam Kegiatan Standardisasi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Percaya Diri Ikut SNI Award 2019

  • Senin, 23 September 2019
  • 2053 kali

onsite evaluation SNI Award 2019 UNY 

 

Untuk meningkatkan kualitas dalam menjalankan Tri Darma perguruan tinggi, UNY siap menerapkan SNI ISO 21001 yaitu Sistem Manajemen untuk Organisasi Pendidikan. Untuk itu, UNY percaya diri untuk ikut dalam SNI Award 2019 yang sebelumnya tahun 2018, UNY sudah mendapatkan peringkat Perak. Rektor UNY dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kunjungan tim evaluator dari BSN  dalam rangka menerapkan standardisasi dalam semua hal, serta menjadikan UNY lebih meningkatkan capaian dalam berbagai bidang, sehingga bisa mendapakan predikat unggul pada tahun 2025. Hal ini selaras dengan visi UNY menjadi universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025.

 

Saat ini,  ditambahkan oleh Rektor UNY, usaha yang dilakukan UNY untuk terus memperbaiki mutu sudah banyak dilakukan, antara lain mendorong semua dosen untuk studi lanjut, menambah jumlah artikel atau publikasi ilmiah Internasional,meningkatkan kualitas Tenaga Pendidik (Tendik) melalui jenjang karir serta kesempatan belajar lagi, dan juga melakukan kegiatan standardisasi di berbagai bidang. Jumlah dosen UNY saat ini sebanyak 1093 orang terdiri dari 909 dosen PNS. Jumlah dosen berdasarkan jenjang pendidikan terdiri dari 1 orang (0,1%) berpendidikan S1, 733 orang (67,1%) berpendidikan S2, dan 359 orang (32,8%) berpendidikan S3. Dari jumlah dosen yang memiliki kualifikasi Guru Besar (GB) sebanyak 65 orang (6.2%), Lektor Kepala (LK) sebanyak 318 orang (30,4%), Lektor (L). UNY sangat produktif untuk menelorkan guru besar.

 

Ketua LPPM UNY Prof. Suyanta menyampaikan dalam penjelasannya pada waktu onsite SNI Award bahwa UNY siap menjadi binaan BSN dalam penerapan SNI ISO 21001 dan hal tersebut juga sudah menjadi komitmen UNY yang disampaikan ke Kepala BSN langsung di kantor BSN di Jakarta. Disamping itu inkubator bisnis LPPM UNY juga saat ini sudah diusulkan ke BSN dalam pendampingan penerapan SNI. Ada 11 Inkubator Bisnis yang diusulkan UNY dalam pendampingan penerapan SNI termasuk dalam hal ini adalah pengusulan SNI baru mengingat salah satu produk inkubator bisnis tersebut belum ada SNInya.

onsite evaluation SNI Award 2019 UNY 

 

Nurasih Suwahyono selaku Lead Evaluator SNI Award menyampaikan bahwa tujuan onsite ini untuk verifikasi dokumen yang sudah UNY sampaikan ke BSN,  menggali keunggulan-keunggulan yang sudah dilakukan UNY selama setahun terakhir, serta perbaikan yang sudah dilakukan sejauh mana. Dari kunjungan yang singkat ini, Tim Evaluator SNI Award melihat banyak kemajuan yang sudah dilakukan UNY terutama dalam kegiatan standardisasi. Keterlibatan UNY dalam kegiatan standardisasi menjadi nilai positif bagaimana organisasi ini menjalankan kinerjanya dengan menerapkan standardisasi untuk pencapaian visi dan misinya. UNY juga sudah mengoperasikan sistem pendidikan dan pengajarannya dengan berbasis online.

 

Dalam tata kelola (governansi organsiasi) UNY membangun komitmen untuk melaksanakan prinsip GCG dengan menyampaikan hasil kerjanya ke berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholder). Penerapan prinsip GCG sudah diimplementasikan oleh UNY dengan adanya unit khusus yang menangani pengawasan. Dalam hal ini evaluator menyarankan UNY bisa menerapkan SNI ISO 37001; Sistem Manajemen Anti Penyuapan agar tatakelola organisasi bisa dikendalikan dengan baik dan sebagai jaminan komitmen UNY untuk menjalankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tingginya bebas dari KKN.

Nurasih juga menegaskan sebagai universitas yang berfokus kepada kependidikan, UNY perlu membandingkan performancenya dengan universitas sejenis baik dari sisi kinerja keuangan maupun kinerja non keuangan. Hal ini untuk melihat posisi UNY agar lebih memberikan kontribusi dan berkinerja yang lebih baik lagi. (NH)

 




­