Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Simposium dan Workshop Metrologi “Harmonisasi Redefinisi Sistem Internasional Satuan Ukuran dan Kurikulum Pendidikan Nasional

  • Selasa, 21 Mei 2019
  • Humas BSN
  • 1128 kali

Tanggal 20 Mei 2019 diperingati sebagai Hari Metrologi Dunia. Tema untuk Hari Metrologi Dunia 2019 adalah The International System of Units: Fundamentally Better. Tema ini dipilih karena pada 16 November 2018, Konferensi Umum tentang Takaran dan Ukuran ke-26 menyetujui rencana revisi terhadap Sistem Satuan Internasional (SI) yang sejak lama digagas secara internasional.

 

Penelitian terhadap metode pengukuran baru, termasuk yang menggunakan fenomena kuantum dan mendukung perubahan, mulai berlaku pada 20 Mei 2019. Definisi SI saat ini didasarkan pada sekumpulan definisi yang masing-masing terkait dengan hukum fisika dan memiliki keuntungan karena dapat merangkul peningkatan lebih lanjut dalam sains dan teknologi pengukuran untuk memenuhi kebutuhan pengguna di masa mendatang selama bertahun-tahun yang akan datang. Tema Hari Metrologi Dunia tahun ini dicanangkan oleh BIPM dan OIML dalam rangka mengoptimalisasi peran sentral metrologi dalam penemuan dan inovasi ilmiah, manufaktur industri dan perdagangan internasional, dan dalam meningkatkan kualitas hidup serta melindungi lingkungan global.

 

Deputi Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) – Badan Standardisasi Nasional memiliki tugas dalam menjaga ketertelusuran besaran fisika, kimia, biologi di Indonesia dan bertanggungjawab menciptakan keselarasan standar nasional yang dimiliki dengan redefinisi satuan SI. Deputi SNSU – BSN juga bertanggungjawab dalam penyebarluasan informasi mengenai redefinisi SI kepada masyarakat luas. Deputi SNSU – BSN bekerja keras memastikan bahwa perubahan redefinisi ini dipahami dengan baik di kalangan akademisi dari Tingkat Dasar sampai Perguruan Tinggi.

 

Memperingati Hari Metrologi Dunia (World Metrology Day), BSN akan menyelenggarakan Simposium dan Workshop Metrologi “Harmonisasi Redefinisi Sistem Internasional Satuan Ukuran dan Kurikulum Pendidikan Nasional”. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 21 Mei 2019 pukul 08.00 – 16.00 WIB bertempat di Auditorium Gedung BPPT II, Jalan MH. Thamrin No. 8 Jakarta Pusat .

 

TEMA KEGIATAN World Metrology Day (WMD) : “Harmonisasi Redefinisi Sistem Internasional Satuan Ukuran dan Kurikulum Pendidikan Nasional”.

 

WELCOME SPEECH : Prof. DR. Bambang Prasetya, M.Sc (Kepala BSN).

Tema : Perayaan Hari Metrologi Dunia 2019; Sistem Internasional untuk Satuan: Secara Fundamental Lebih Baik

 

KEYNOTE SPEAKER : Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. (Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia).

Tema : Harmonisasi Redefinisi Sistem Internasional Satuan Ukuran dan Kurikulum Pendidikan Nasional

 

NARASUMBER

  1. Simposium
  • Ghufron Zaid, M.Sc (Plt. Direktur SNSU Thermoelektrik dan Kimia BSN). Topik : Redefinisi SI dan Dampaknya
  • Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP (Direktur Pembelajaran Pendidikan Tinggi, Kemendikbud). Topik : Milestone Sistem Satuan pada Kurikulum Pendidikan di Indonesia
  • Dr. Ir. Djagal Wiseso Warseno. M.Agr (Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada). Topik : Kesadaran Pentingnya Sistem Internasional Satuan Ukuran di Kurikulum Pendidikan Tinggi.

 

  1. Workshop

     A. Workshop Kurikulum

  • A. Praba Drijarkara (Plt. Direktur SNSU Mekanik, Radiasi dan Biologi BSN). Topik : Benchmarking Pendidikan Metrologi di Dunia dan Tantangannya di Indonesia.
  • Awaluddin Tjalla (Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Topik: Tahapan Penyiapan Penyusunan Bahan Ajar Pengukuran di Kurikulum Pendidikan Menengah.
  • Sirin Wahyu Nugroho (Kepala Subdirektorat Pendidikan Akademik, Direktorat Pembelajaran – KEMENRISTEKDIKTI). Topik : Perumusan Kebijakan Bahan Ajar dan Pedoman Pembelajaran di Kurikulum Pendidikan Tinggi.

 

    B. Workshop Metrologi

  • Fajarina Budiantari, S.TP, M.Si (Direktur Akreditasi Laboratorium BSN). Topik : Risk Based Thinking Sebagai Persyaratan Kemampuan Laboratorium berdasarkan ISO 17025: 2017
  • Donny Purnomo, S.T. Topik : Tindakan Untuk Mengatasi Resiko Dalam Rangka Penjaminan Mutu

 

BSN mengundang para pihak yang berkepentingan baik dari kalangan pemerhati standardisasi, Lembaga Penilaian Kesesuaian, kalangan akademisi, maupun masyarakat luas untuk turut serta dalam menyemarakkan kegiatan tersebut.

Pendaftaran dan Informasi lebih detil dapat menghubungi Yanma (0812 8752 8160)

registrasi dapat dilakukan secara online melalui: http://bit.ly/registrasiwmd2019



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat