Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Raih Pengakuan Internasional Melalui Penerapan SNI ISO/IEC 17025:2008

  • Minggu, 18 Desember 2016
  • 15287 kali

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek yang mapan dan terkemuka, dengan kegiatan usaha utama antara lain mi instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus serta minuman. Guna mendukung kegiatan usaha utamanya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang memproduksi baik kemasan fleksibel maupun karton.

 

Untuk mencapai visi misi perusahaan, Laboratorium Quality Assurance, Food Ingredients Division PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk telah menerapkan SNI ISO/IEC 17025:2008 tentang persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi, dan telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada 21 September 2016. “Dengan telah diakreditasinya Laboratorium Quality Assurance, Food Ingredients Division, PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk, maka telah dibuktikan bahwa baik secara manajemen maupun secara teknis laboratorium tersebut telah memenuhi standar internasional ISO/IEC 17025,” ujar Ketua KAN, Bambang Prasetya saat menyerahkan sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 di Purwakarta, pada Jumat 16 Desember 2016.

 

 

Pemberian akreditasi kepada Laboratorium Quality Assurance, Food Ingredients Division, PT Indofood Sukses Makmur, Tbk ini adalah salah satu bentuk pengakuan dari KAN, bahwa laboratorium tersebut telah memenuhi standar SNI ISO/IEC 17025 yang merupakan persyaratan umum kompetensi laboratorium penguji. SNI ISO/IEC 17025 adalah suatu standar internasional yang digunakan sebagai persyaratan kompetensi laboratorium di seluruh dunia.

 

 

“Keinginan akreditasi ini sebenernya sudah lama kami cita-citakan. Akreditasi ini meliputi laboratorium kimia dan instrument, yang terdiri dari 18 parameter dan lab mikrobiologi sebanyak 38 parameter, sehingga total yang diakreditasi sebanyak 56 parameter. Tentunya kami tidak cukup puas dan akan menambah parameter lain. Dengan mendapat pengakuan dari KAN, kami harap lab QA dapat disandingkan dengan lab lain dalam pengujian sample.” ujar manajer Quality Assurance Food Ingredient Division, Nora Giat.

 

 

Kepala Food Ingredients Division PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Sulianto Pratama, berharap penerapan akreditasi ini akan memberi dampak positif bagi perusahaan, termasuk dalam mendukung kegiatan ekspor. “Dengan adanya akreditasi ini, maka lab ini selangkah lebih maju. Dengan akreditasi ini maka hasil lab yang dikeluarkan oleh lab ini diakui tidak hanya oleh kalangan domestik, tapi juga oleh kalangan internasional,” ujarnya.

 

 

Dalam kesempatan ini, Bambang pun menjelaskan keuntungan laboratorium yang telah mendapatkan pengakuan akreditasi dari KAN. ”Komite Akreditasi Nasional adalah wakil pemerintah Indonesia di forum regional maupun internasional di bidang akreditasi, yaitu Asia Pacific Laboratory Accreditation Cooperation (APLAC) dan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) untuk bidang akreditasi laboratorium dan lembaga inspeksi, dan Pacific Accreditation Cooperation (PAC) dan International Accreditation Forum (IAF) untuk bidang akreditasi lembaga sertifikasi. Dengan pengakuan internasional yang telah diperoleh oleh Komite Akreditasi Nasional, maka salah satu manfaatnya adalah bahwa hasil pengujian yang dikeluarkan oleh laboratorium penguji yang telah diakreditasi oleh KAN dapat diakui oleh badan akreditasi anggota ILAC di seluruh dunia, termasuk hasil pengujian yang dikeluarkan oleh Laboratorium Quality Assurance, Food Ingredients Division, PT Indofood Sukses Makmur, Tbk. Sehingga pada gilirannya, pengakuan internasional sistem akreditasi yang dioperasikan oleh KAN diharapkan dapat memfasilitasi pemerintah Indonesia, terutama di bidang perdagangan antarnegara dengan mengacu kepada komitmen internasional mengenai ”one test accepted everywhere,” ujar Bambang.

 

Selain penyerahan sertifikat akreditasi, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk juga meresmikan pabrik baru untuk memenuhi permintaah pasar. “Pabrik ini bukan hanya untuk meningkatkan kapasitas target produksi hingga 79000 ton sampai 2026, tapi juga diimplementasikan sistem semi otomatis agar lebih menjamin mutu produk yang dihasilkan,” ujar manajer pabrik, Fransiska Yunita. Di kesempatan ini, Bambang pun berkesempatan meninjau pabrik yang baru diresmikan.

 

 

Selain melayani permintaan domestik, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk juga melakukan kegiatan ekspor. Saat ini, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sudah mengekspor produknya ke 103 negara. Pasar utamanya adalah negara arab dan negara-negara di benua Afrika, seperti Nigeria, Mesir, Sudan, Kenya, Etiopia, Maroko, Syiria, dan Serbia (ald-Humas)