Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Permainan Anak ada yang Mengandung Merkuri

  • Rabu, 25 Januari 2012
  • 1144 kali
Kliping Berita

Penulis : Thomas Harming Suwarta

JAKARTA--MICOM: Hasil uji laboratorium Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang berkerja sama dengan Universitas Indonesia menemukan adanya jenis permainan anak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya seperti merkuri.

YLKI menemukan, jenis permainan anak ini biasanya dipakai untuk pengajaran di lingkungan Taman Kanak-kanak dan Play Group. "Misalnya sempoa. Itu kita temukan dalam hasil uji laboratoriumnya mengandung bahan kimia seperti merkuri," kata anggota Badan Pengurus YLKI, Tulus Abadi, di Kantor YLKI, Jakarta, Rabu (25/1).

Ia menambahkan, mainan anak-anak ini merupakan produksi China dan di Indonesia ditemukan di supermarket mewah. "Ini memang produk dari China. Kita dapatkan itu di tempat perbelanjaan mewah. Jadi ini butuh perhatian serius pemerintah," tandas Tulus.

Pemerintah kata dia masih terlalu lunak menerapkan Standard Nasional Indonesia (SNI) untuk mainan anak-anak ini. "Kami menghimbau pemerintaj agar SNI benar-benar dicek. Jangan hanya formalitas saja. Kandungan kimia harus dipastikan nol. Sementara ini kan masih ada kandungan kimianya yang tentu saja berbahaya apalagi untuk anak-anak," pungkas Tulus. (*/OL-04)

Sumber : MediaIndonesia.com, Rabu 25 Januari 2012.
Link : http://www.mediaindonesia.com/read/2012/01/25/293828/293/14/Permainan-Anak-ada-yang-Mengandung-Merkuri




­