Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PNS Pemprov Sulut Kaget, Api Besar Keluar dari Tabung Gas Elpiji

  • Selasa, 17 Januari 2012
  • 964 kali
Kliping Berita

Laporan Wartawan Tribun Manado Rine Araro

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PNS di Biro Ekonomi Setdaprov Sulut terkejut ketika api besar keluar dari tabung gas elpiji tiga kilogram. Ini terjadi saat sosialisasi  pemasangan sekaligus antisipasi bila api keluar dari tabung LPG, yang dilakukan oleh tim yang dipimpin Arif Tirtana, Selasa (17/1/2012).

"Regulatornya sama, namun cara pemakaiannya yang harus diperhatikan," kata Tirtana. Dikatakannya, bila semua terpasang dengan baik sesuai aturan maka dipastikan elpiji yang digunakan aman. Tirtana juga mengingatkan sebaiknya regulator telah memperoleh SNI. "Periksa regulatornya apakah ada logo SNI atau tidak," ucapnya.

Tirtana saat melakukan sosialisasi menyinggung soal pemasangan regulator sampai dengan pencegahan api bila keluar dari tabung. Kata Tirtana  hanya dengan mencabut regulator maka dipastikan api tak akan menjalar kemana-mana.
"Yang jelas jangan gugup bila melihat api saat keluar dari elpiji, tetapi harus cepat mencabut regulatornya dari tabung. Dengan sendirinya maka apinya akan hilang," tuturnya.

Untuk pengunci regulator, kata Tirtana sebaiknya sewaktu mematikan api di kompor terlebih dahulu pengunci regulator ke tabung dinaikkan setengah. "Jadi gas dari tabung terkunci alias tak mengalir ke kompor," ucapnya.

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sulut DR Adry Manengkey menyatakan sosialisasi ini sangat penting, sekaligus dapat membantu para PNS di lingkungan Pemprov untuk mengerti bahwa elpiji sangat aman dipakai saat ini. "Biar mereka tidak takut menggunakan elpiji," kata Manengkey.

Mengenai sosialisasi seperti ini, jadwalnya sudah ada. Ditambahkan Manengkey, sosialisasinya akan dilakukan mulai dari kantor gubernur  lewat biro-biro dan SKPD baik di lingkungan Pemprov dan kuar gedung pemprov.

Manengkey pun mengimbau kepada masyarakat untuk mencari tahu informasi menyangkut penggunaan LPG. Menurut Manengkey  butuh ketelitian saat  memasang sampai dengan pemakaiannya. "Kalau sesuai petunjuk pasti aman," tandasnya.(aro)

Sumber: Tribun Manado - Selasa, 17 Januari 2012
Link: http://manado.tribunnews.com/2012/01/17/pns-pemprov-sulut-kaget-api-besar-keluar-dari-tabung-gas-elpiji





­