Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Bakal Permudah Penerapan SNI Produk UMKM

  • Rabu, 20 Juli 2011
  • 1217 kali
Kliping Berita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Bambang Setiadi mengungkapkan akan mempemudah penerapan standar nasional bagi produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Dia mengutarakan karena standarisasi menjadi instrumen yang sangat penting dalam perdagangan global, maka akan dipermudah mendapatkan standar SNI.
 
"Ini harus dikuasai oleh setiap industri agar mampu bersaing. Kami sudah membuat klinik mobil SNI tujuannya untuk memberikan sosialisasi bagi UMKM," ujar Bambang, di Kantornya, Jakarta,  (20/7/2011).
Dia juga mengatakan akan memberikan pemahaman yang baik bagi UKM untuk dapat mengurus SNI. BSN juga bakal melakukan pendampingan dan memfasilitasi UMKM untuk menerapkan standar. Apalagi, di era perdagangan bebas saat ini, peran standarisasi sangat vital.

Sebab setiap negara telah menetapkan persyaratan standar bagi produk yang beredar di negara bersangkutan. Tujuannya, adalah melindungi keselamatan konsumen, kesehatan masyarakat, kelestarian fungsi lingkungan dan keamanan.

Dia menyebutkan penerapan standar kepada UMKM memberikan banyak manfaat. Dengan penerapan standar, UMKM dapat menerapkan best-practice guidelines meningkatkan efisiensi, memperbaiki kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan dan membuka pasar baru serta peluang untuk mengadopsi teknologi baru guna meningkatkan volume produksi. Di sini menjadi jelas bahwa standar sangat berperan dalam meningkatkan daya saing UMKM.

Sumber: Tribunnews.com - Rabu, 20 Juli 2011
Link: http://www.tribunnews.com/2011/07/20/bsn-bakal-permudah-penerapan-sni-produk-umkm


    




­