Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pengusaha AS Dorong Indonesia Jadi Pusat Sertifikasi Halal Asean

  • Kamis, 17 Februari 2011
  • 1017 kali
Kliping Berita

Metrotvnews.com, Jakarta:  Delegasi US-Asean Business Council menemui Wakil Presiden Boediono untuk membicarakan prospek peningkatan kerja sama antara AS dan Asean.

Pengusaha Amerika Serikat mengharapkan Indonesia menjadi pusat sertifikasi halal untuk pasar Asean sebagai bagian dari rencana integrasi pasar bebas di kawasan Asia Tenggara.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar seharusnya bisa menjadi acuan pembuatan sertifikasi halal yang berlaku untuk pasar-pasar Asean.

Permintaan itu disampaikan oleh 73 pengusaha AS yang tergabung dalam forum bisnis AS-Asean atau US-Asean Business Council saat bertemu dengan Wakil Presiden Boediono.

Presiden US-Asean Business Council Alexander C Filedman mengatakan perusahaan AS mengharapkan adanya integrasi pasar di Asia Tenggara agar memudahkan perusahaan untuk ekspansi di pasar bebas wilayah ini.

"Diperlukan konektivitas pasar antarnegara Asean untuk memberikan kejelasan bagi perusahan-perusahaan AS," ujarnya di kantor Wapres, Jakarta, Rabu (16/2).

Dia mengatakan perusahan AS juga berkomitmen meningkatkan inevstasinya di Indonesia yang berpotensi sebagai basis pasar bebas Asean. Namun, para delegasi tidak membicarakan target ekspansi dan kenaikan investasi itu.

Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat menambahkan pengusaha AS juga mengharapkan Indonesia yang menjadi ketua Asean pada 2011 bisa berperan lebih dalam menciptakan pasar bebas yang terintegrasi.

Jika memungkinkan, Indonesia juga menjadi pusat standardisasi berbagai produk kebutuhan rumah tangga dan produk sehari-hari untuk pasar Asia Tenggara.(MI/DSY)

Sumber : metrotvnews.com, Kamis 17 Februari 2011.
Link : http://www.metrotvnews.com/metromain/news/2011/02/17/42807/Pengusaha-AS-Dorong-Indonesia-Jadi-Pusat-Sertifikasi-Halal-Asean




­