Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

ISO 9001 Mutlak Diperlukan Dalam Persaingan Global

  • Jumat, 21 Januari 2011
  • 1092 kali

Kliping Berita

Diposting oleh : Hidayatullah

( Wartajakarta ) -- Menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 bukanlah sesuatu hal yang akan didapat dalam sekejap, namun merupakan hasil usaha semua pihak yang ada dalam suatu organisasi. Sertifikasi merupakan bentuk pengakuan dari pihak yang independen terhadap suatu organisasi yang sudah menerapkan sistem manajemen mutu yang menjadi acuannya.

Adanya sertifikasi ini memberikan bukti bahwa standar benar-benar sudah diterapkan, tetapi satu hal yang harus diperhatikan bahwa sertifikasi bukan menjadi tujuan akhir, sebab banyak organisasi yang mengejar sertifikasi karena diminta oleh mitra kerjanya tanpa disertai upaya untuk melakukan peningkatan atas kinerja sistemnya.

Proses sertifikasi tidaklah terlalu rumit, namun memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang dari keseluruhan yang terlibat dalam suatu organisasi. Proses sertifikasi dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi yang telah diakreditasi secara nasional atau bahkan secara internasional.

"Jangan hanya ISO 9001 hanya dianggap sebagai sebuah sertifikat belaka, kalau hal itu yang terjadi bisa merusak tatanan kualitas manajemen organisasi itu sendiri," kata Bambang Setiadi, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) di jakarta, Kamis (20/01).

Bambang mengatakan, Survei menunjukkan bahwa sertifikasi sistem manajemen yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi yang terakreditasi menjadi indikator yang layak terhadap kemampuan organisasi yang disertifikasi untuk memenuhi persyaratan standar /pelanggan.

Diperolehnya sertifikasi ISO 9001 oleh perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan memastikan untuk menyediakan produk secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan dan persyaratan legal lainnya. Sejalan dengan hal tersebut, sertifikasi mendorong manajemen perusahaan untuk selalu meningkatkan efektivitas dan efisiensinya guna meningkatkan daya saing produknya.

Sumber : Wartajakarta.com, Kamis 20 Januari 2011.
Link : http://www.wartajakarta.com/kategori/media.php?module=detailberita&id=308





­