Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Terima Benchmarking dari Petrokimia Gresik

  • Rabu, 14 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 154 kali

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima kunjungan benchmarking dari PT Petrokimia Gresik di Gedung 420 SNSU BSN, Tangerang Selatan pada Selasa (13/8/2024).

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka sharing knowledge dan diskusi terkait kalibrasi peralatan instrumentasi. Selain itu, juga untuk mempelajari langsung pengelolaan SNSU yang dilakukan SNSU BSN. Kunjungan tersebut diterima oleh Ketua Tim Kerja SNSU Kimia BSN, Dyah Styarini, serta Ketua Tim Kerja SNSU Akustik dan Vibrasi BSN Maharani Ratna Palupi, didampingi Tim SNSU perwakilan dari Tim Kerja SNSU Suhu, Tim Kerja SNSU Panjang dan Tim Kerja SNSU Massa dan Turunannya. Hadir dari PT Petrokimia Gresik yaitu Assistant Vice President Instrumen 3 Petrokimia Gresik, M. Rozaqur R. beserta tim.

Saat menerima kunjungan tersebut, Dyah menyampaikan materi tentang profil dan tugas fungsi SNSU BSN. Dyah menjelaskan bahwa SNSU BSN bertugas sebagai National Metrology Institute (NMI) untuk Indonesia, yang bertanggung jawab untuk memastikan ketertelusuran pengukuran nasional. Pengukuran nasional ini, harus tertelusur ke sistem satuan internasional melalui pengelolaan SNSU, pengembangan bahan acuan dan kalibrasi. Selain itu disampaikan juga bahwa SNSU BSN memiliki 10 laboratorium yang menyediakan ketertelusuran pengukuran yaitu, massa, panjang, kimia, biologi, radiasi pengion, fotometri dan radiometri, akustik dan vibrasi, kelistrikan, waktu dan frekuensi, serta suhu.

Sementara itu, Rozaqur mengungkapkan bahwa dengan adanya benchmarking ke BSN ini, pihaknya bisa mendapat wawasan tentang standar apa saja yang digunakan untuk alat ukur instrumentasi khususnya dan metode-metode apa yang cocok digunakan untuk alat instrumen yang dimiliki Petrokimia Gresik.

Harapannya, hasil benchmarking ini dapat digunakan untuk referensi dalam hal standardisasi peralatan maupun ruangan kalibrasi serta untuk meningkatkan kemampuan personil dalam melakukan kalibrasi internal peralatan instrumentasi di Workshop Instrumen, Kompartemen Jasa Pelayanan Pabrik, PT. Petrokimia Gresik.

Pada kesempatan ini, Tim Petrokimia Gresik diajak untuk mempelajari langsung pengelolaan SNSU dan kalibrasi khususnya di Laboratorium SNSU Akustik dan Vibrasi, SNSU Massa, SNSU Suhu dan SNSU Kimia. Peserta sangat antusias dan aktif berdiskusi dengan para metrolog BSN di laboratorium tersebut.(ria-humas)