Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Kembali Kirimkan Pelajar Indonesia Ikuti Olimpiade Standar Internasional

  • Senin, 12 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 295 kali

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali mengirimkan siswa-siswi pemenang Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) tahun 2024 untuk mewakili Indonesia mengikuti ajang The 19th International Standards Olympiad 2024 yang diselenggarakan oleh Korean Standards Association (KSA) pada 12-14 Agustus 2024 di Korea Selatan. 

Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo yang didampingi oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Arini Widyastuti melepas dua tim yang merupakan juara 1 dan Juara 2 dari KSN 2024 pada Jumat (8/8/2024) di Kantor BSN, Jakarta. 

Kedua tim tersebut berasal dari MAN Insan Cendikia Gorontalo yang terdiri dari Tiara Myreen Alilatulbariza Husain, Marha Rifani Fayza Bahsuan, dan Aiko Auliah Hasmin Tamsah, serta dari SMAK St. Louis 1 Surabaya yang terdiri dari Gabriella Esther Lauwson, Jovita Alim, dan Konstantin. 

Dalam kesempatan ini Donny berpesan kepada para peserta untuk tetap tenang dan percaya diri dengan kemampuan diri agar mampu memberikan yang terbaik. 

Terkait dengan persiapan yang dilakukan, Arini mengatakan BSN dengan intensif telah melakukan pembimbingan untuk menyusun standar dengan berbagai topik dan sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan standar internasional sejak bulan Mei hingga Juli 2024.

Arini mengungkapkan, sebelumnya KSN 2024 diikuti oleh 67 tim dari 36 sekolah dengan mengangkat tema “Smart Home Appliance - Safety Requirement and Test Methods for Applied Artificial Intelligence”. Kemudian terpilih 10 tim yang lolos ke tahap wawancara untuk kemudian ditetapkan juara 1-3 dan juara harapan 1 dan 2.

Menurut Arini, International Standards Olympiad kali ini diikuti oleh 10 negara dengan total 40 tim, dimana masing masing 20 tim tingkat Sekolah Menengah Pertama dan 20 tim tingkat Sekolah Menengah Atas. Adapun tujuan dari kompetisi ini adalah untuk meningkatkan awareness dan kompetensi dari generasi muda untuk memahami terkait dengan standar.

Diharapkan kedepannya para generasi muda bisa berkiprah dalam pengembangan standar ataupun dalam kegiatan standardisasi karena sudah memahami apa itu standar dan kaidah-kaidah pengembangan standar sehingga diharapkan kedepannya nanti standar-standar yang dihasilkan Indonesia betul-betul berkualitas dan juga bisa menambah peran Indonesia dalam pengembangan standar di Internasional.(tyo-humas)

 

Galeri Foto: BSN Kembali Kirimkan Pelajar Indonesia Ikuti Olimpiade Standar Internasional