Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Kursi Roda Berikan Keamanan dan Kenyamanan Bagi Penggunanya

  • Rabu, 07 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 404 kali

Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) khususnya bagi alat kesehatan, memainkan peranan vital dalam memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna. Alat kesehatan, tidak hanya penting untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan, dan memulihkan kesehatan tetapi juga untuk memperbaiki fungsi tubuh manusia. Standardisasi memberikan jaminan agar alat kesehatan berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal bagi penggunanya, termasuk untuk produk kursi roda.

“SNI kursi roda memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya, serta meningkatkan kepercayaan pasar, baik domestik maupun global,” ujar Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN), Nur Hidayati, dalam Webinar SNI ISO 7176 Series Kursi Roda untuk Aksesibilitas yang Aman dan Nyaman, Selasa (6/8/2024).

Nur Hidayati menjelaskan bahwa kursi roda harus memenuhi berbagai aspek teknis untuk memastikan keamanannya. "Kursi roda yang memenuhi SNI tidak hanya aman dan nyaman tetapi juga inklusif dan ramah bagi pengguna. Teknologi dan inovasi dalam kursi roda meningkatkan aksesibilitas dan simbol kemandirian," tambahnya.

Sementara itu, Analis Standardisasi Ahli Madya dan Ketua Tim Kerja Pengembangan Standar Kesehatan BSN, Agus Purnawarman menekankan pentingnya SNI dalam memproduksi alat kesehatan yang berkualitas. “SNI sebagai acuan bagi industri untuk menghasilkan produk berkualitas dan sebagai instrumen kebijakan pemerintah dalam pengaturan dan pembinaan,” ungkapnya.

Berdasarkan data WHO, sekitar 1,3 miliar orang mengalami disabilitas signifikan, dan 80 juta di antaranya membutuhkan kursi roda untuk mobilitas. Dengan SNI, produsen kursi roda dapat memastikan produk mereka memenuhi standar internasional yang diadopsi, seperti SNI ISO 7176-1:2014 tentang stabilitas statis dan SNI ISO 7176-3:2012 tentang efektivitas rem.

Dalam kesempatan tersebut, Vice President Internal PT Mega Andalan Kalasan dan Anggota Komite Teknis 11-14, Susanto Sudiro menjelaskan berbagai aspek teknis dari kursi roda, termasuk dimensi, konstruksi rangka, roda penggerak, roda utama, tempat duduk, sandaran punggung, rem parkir, dan ruang gerak roda. "Adopsi standar internasional menjadi SNI memastikan kursi roda yang aman dan bermutu tinggi," jelasnya.

Direktur Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Dede Mulyadi, menegaskan bahwa Kementerian Kesehatan mendorong pemenuhan standar dalam persyaratan izin edar. "Pemenuhan standar memastikan alat kesehatan yang beredar di Indonesia terjamin keamanan, mutu, dan kemanfaatannya," katanya.

Webinar ini juga menghadirkan Dokter Pendidik Klinis RSO Prof dr. R. Soeharso Surakarta, Retno Setianing yang menyampaikan pentingnya kebijakan penyediaan kursi roda sesuai kebutuhan serta kesiapan stakeholder dalam melayani pengguna kursi roda. "Aksesibilitas perlu lebih diperhatikan dan diperbanyak agar pengguna kursi roda dapat mandiri dalam aktivitas sehari-hari," harapnya.

Acara ini memberikan kesadaran akan pentingnya inovasi produk alat kesehatan dalam negeri, termasuk kursi roda dengan menerapkan SNI, yang dapat disaksikan melalui Kanal YouTube BSN: Webinar SNI ISO 7176 Series – Kursi Roda untuk Aksesibilitas yang Aman dan Nyaman. (PjA – Humas)