Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Menerima Studi Banding dari Puslabfor Bareskrim POLRI

  • Jumat, 02 Agustus 2024
  • Humas BSN
  • 698 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Mekanika, Radiasi dan Biologi menerima kunjungan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim POLRI di Gedung 420 SNSU BSN, Tangerang Selatan pada Selasa (30/7/2024).

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka studi banding mengenai pengelolaan SNSU yang dilakukan BSN, serta layanan kalibrasi oleh Laboratorium SNSU Massa. Kunjungan tersebut diterima oleh Direktur SNSU Mekanika, Radiasi dan Biologi BSN Wahyu Purbowasito. Adapun perwakilan Puslabfor Bareskrim POLRI dipimpin oleh Kepala Bagian Manajemen Mutu Puslabfor Bareskrim POLRI, Kombespol Heru Agung Nugroho SIK.

Saat menerima kunjungan tersebut, Wahyu mengungkapkan bahwa SNSU BSN merupakan National Metrology Institute (NMI) untuk Indonesia. Sebagai NMI, SNSU BSN memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memastikan ketertelusuran pengukuran nasional. Pengukuran ini, harus tertelusur ke sistem satuan internasional. Ketertelusuran ke sistem satuan internasional tersebut, dilakukan melalui pengelolaan SNSU, pengembangan bahan acuan dan kalibrasi.

SNSU BSN memiliki 10 laboratorium yang menyediakan ketertelusuran pengukuran yaitu, massa, panjang, kimia, biologi, radiasi pengion, fotometri dan radiometri, akustik dan vibrasi, kelistrikan, waktu dan frekuensi, serta suhu.

Selain itu, dalam rangka mengembangkan laboratorium kalibrasi di Indonesia, SNSU BSN juga terbuka bagi pemangku kepentingan yang berminat untuk bekerja sama dalam pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang kalibrasi melalui penyelenggaraan pelatihan.

Sementara itu, Kombespol Heru menyampaikan bahwa Puslabfor Bareskrim POLRI ingin meningkatkan kompetensi dan mutu laboratorium kalibrasi yang dikembangkan Puslabfor. Oleh karena itu, pihaknya ingin mendalami pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana pengelolaan SNSU di BSN.

Pada kesempatan ini, rombongan Puslabfor Bareskrim POLRI diajak untuk mempelajari langsung pengelolaan SNSU dan layanan kalibrasi khususnya di Laboratorium SNSU Massa. Peserta sangat antusias dan aktif berdiskusi dengan para metrolog BSN di laboratorium tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan ini Metrolog Ahli Madya BSN Renanta Hayu Kresiani, Metrolog Ahli Muda BSN Heri Sutanto, serta Metrolog Ahli Pertama BSN Nurmaliya Afiani.(ria-humas)