Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan KTL Sepakati Perpanjangan Kerja Sama Standardisasi, Penilaian Kesesuaian, dan Metrologi di Brisbane

  • Senin, 25 September 2023
  • Humas BSN
  • 973 kali

Di sela pertemuan ISO Annual Meeting 2023 di Brisbane, Australia tanggal 18-22 September 2023, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad bersama Presiden dan CEO Korea Testing Laboratory (KTL), Se-Jong Kim melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian pada Selasa (19/9/2023).

KTL merupakan sebuah lembaga sertifikasi dan pengujian publik yang telah berdiri sejak tahun 1966 berdasarkan Pasal 41 (Pembentukan, dll. Laboratorium Pengujian Korea) Undang-Undang Inovasi Teknologi Industri dan dioperasikan oleh Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi Republik Korea.

“Harapan saya, BSN dan KTL dapat terus bersinergi dalam bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian,” ungkap Kukuh.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi beberapa sektor, di antaranya kolaborasi dalam hal pengembangan dan penerapan standar, penilaian kesesuaian, dan metrologi serta membangun dan memperkuat infrastruktur mutu khususnya fasilitas pengujian, lembaga evaluasi, lembaga inspeksi, dan laboratorium kalibrasi. Selain itu, kerja sama juga mencakup pertukaran teknologi dan informasi yang berkaitan dengan penilaian kesesuaian dan pengoperasian sistem sertifikasi, serta peningkatan kapasitas dan pertukaran tenaga ahli untuk peningkatan kompetensi di bidang standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi.

Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan memfasilitasi kemitraan teknis strategis antara BSN dengan KTL berdasarkan keahlian dan teknologi masing-masing lembaga, untuk saling menguntungkan kedua pihak. Nota kesepahaman ini merupakan perpanjangan dari nota kesepahaman yang sebelumnya pernah ditandatangani pada tahun 2019.

Setelah nota kesepahaman ini ditandatangani, KTL akan merencanakan kunjungannya ke BSN untuk membahas action plan mempersiapkan pelaksanaan proyek Bantuan Pembangunan Pemerintah (Official Development Assistance/ODA) Republik Korea di Indonesia. (Put)

 

Galeri Foto: BSN dan KTL Sepakati Perpanjangan Kerja Sama Standardisasi, Penilaian Kesesuaian, dan Metrologi