Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dua Direktorat di BSN Siap Menuju WBBM

  • Jumat, 14 Oktober 2022
  • 560 kali

Dalam upaya menuju Zona Integritas dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM), Direktorat Akreditasi Laboratorium (Direktorat AL) dan Direktorat Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi (Direktorat ALIS) telah melaksanakan kegiatan evaluasi Zona Integritas dan WBBM yang dilaksanakan secara daring pada Kamis (13/10/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh personil dari Dit. AL, Dit. ALIS, dan 2 orang tim evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Pada kegiatan tersebut, dilakukan pemaparan tindak lanjut dari hasil evaluasi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2020 lalu yang dipimpin oleh Direktur Akreditasi Laboratorium, Agustinus Praba Drijarkara dan Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi, Fajarina Budiantari. Selain pemaparan tindak lanjut hasil evaluasi WBK, dilakukan juga pemaparan mengenai inovasi dan upaya dari 6 area perubahan dari setiap direktorat yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Pelayanan Publik.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan evaluasi yang melibatkan evaluator dari KemenpanRB. Perwakilan tim evaluator dari KemenpanRB pun mengapresiasi langkah baik dari Direktorat AL maupun Direktorat ALIS dalam mengupayakan pelayanan akreditasi yang kapable, akuntabel, dan berbasis pelayanan prima. “Kami sangat mengapresiasi bahwa dengan dengan ketersediaan personel yang ada, Direktorat AL dan Direktorat ALIS tetap mampu untuk mengakomodasi pelayanan akreditasi di Indonesia tentunya dengan berbagai macam inovasi yang dilakukan seperti adanya NEW KANMIS, pengembangan kompetensi untuk setiap pihak yang terlibat seperti Asesor dan personel sekretariat, dan juga monitoring seluruh hal utamanya terkait dengan integritas pelayanan” ujar perwakilan tim evaluator dari KemenpanRB, Alfian Lisdias.

Dengan segala upaya, keluarga besar Direktorat AL dan Direktorat ALIS berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan akreditasi di Kedeputian Akreditasi menjadi semakin kapabel, akuntabel, dan berbasis pelayanan prima.

Direktorat AL dan Direktorat ALIS, Siap Menuju WBBM! (UD-Dit.ALIS / ed:ald-Humas)




­