Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas Tahun 2022 di BSN

  • Jumat, 14 Oktober 2022
  • 666 kali

Badan Standardisasi Nasional telah selesai menjalani Desk Evaluasi Zona Integritas oleh Tim Penilai Nasional KemenPAN-RB. Desk evaluasi ini merupakan tahapan selanjutnya dalam evaluasi Zona Integritas, yang harus dilalui unit kerja setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Desk Evaluasi Zona Integritas di BSN dilaksanakan dalam 2 hari, yaitu pada tanggal 29 September 2022 untuk unit kerja yang diusulkan memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan tanggal 13 Oktober 2022 untuk unit kerja yang diusulkan mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Hakikat pembangunan zona integritas adalah membangun dan mengimplementasikan program reformasi birokasi secara  baik sehingga mampu terwujudnya budaya kerja yang anti korupsi, berintegitas dan budaya birokrasi  yang melayani publik secara totalitas dengan hati nurani. Unit kerja yang menjadi percontohan, harapannya dapat menjadi role model bagi unit kerja lain dalam melakukan kinerjanya secara bersih dan melayani publik dengan baik. Evaluasi Zona Integritas diselenggarakan dengan metode virtual melalui zoom meeting dan dihadiri oleh unit kerja yang diusulkan memperoleh predikat WBK dan WBBM,” ujar Inspektur BSN, Nur Hidayati di Jakarta pada Kamis (13/10/2022).

Sesuai dengan Keputusan Kepala BSN Nomor 146/KEP/BSN/6/2022, pada tahun 2022 BSN mengusulkan 4-unit kerja percontohan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Mekanika, Radiasi, dan Biologi (MRB) dan Direktorat SNSU Termoelektrik dan Kimia (TK) diusulkan sebagai unit kerja dengan predikat WBK. Sedangkan, Direktorat Akreditasi Laboratorium; dan Direktorat Akreditasi Lembaga Inspeksi dan dan Lembaga Sertifikasi (ALIS) akan diusulkan sebagai unit kerja dengan predikat WBBM.

Hadir dalam Desk evaluasi, Direktur SNSU MRB BSN, Wahyu Purbowasito S.; Direktur SNSU TK BSN, Ghufron Zaid; Direktur Akreditasi Laboratorium BSN, A. Praba Drijarkara; Direktur ALIS BSN, Fajarina Budiantari; serta Tim Pembangunan ZI serta perwakilan dari unit kerja. Masing-masing pimpinan unit kerja yang diusulkan untuk memperoleh unit kerja berpredikat WBK dan WBBM mempresentasikan upaya dan hasil pembangunan zona integritas yang telah dilaksanakan di lingkungan Layanan Kalibrasi dan Layanan Akreditasi BSN, kepada 2 orang Tim evaluator dari KemenPAN-RB yaitu Alfian Lisdias Ismanto dan M. Ryannasmara.

Paparan dilaksanakan selama 20 menit dengan menjelaskan mengenai progress dan capaian hasil pada 6 area perubahan Pembangunan Zona Integritas (kondisi before-after). Dalam kesempatan ini disampaikan pula inovasi-inovasi dari setiap unit kerja layanan serta bentuk kolaborasi unit layanan dengan stakeholder.

Pada 60 menit berikutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi oleh Evaluator KemenPAN-RB kepada peserta desk evaluasi Zona Integritas masing-masing unit kerja layanan. Pada akhir diskusi, tim evaluator memberikan saran dan masukan serta apresiasi atas semangat yang tinggi kepada unit kerja setelah proses diskusi selesai. Harapannya saran dan masukan tersebut menjadi perbaikan yang berkelanjutan oleh unit kerja layanan untuk semakin baik dalam memberikan pelayanan kepada pengguna layanan. (insp/ ed: humas)

 




­