Umum

BSN dan Bappenas Bahas Kegiatan Prioritas Tahun 2018

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas melakukan rapat pembahasan program dan kegiatan prioritas nasional dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 di Kantor BSN, Jakarta Pusat, pada Senin (20/03/2017). Hadir dalam pembahasan tersebut yaitu jajaran Pejabat Eselon II BSN beserta perwakilannya. Sementara itu dari pihak Bappenas diwakili oleh  Direktur Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bappenas Leonardus A. A Teguh Sambodo didampingi Ade Faisal dan Siti Maftukhah.


Dalam sambutannya, Kepala Biro Perencanaan, Keuangan dan Tata Usaha BSN M. Beni Nugraha menjelaskan bahwa pembahasan ini merupakan tindak lanjut yang telah dibahas pada forum sebelumnya bersama Bappenas.

 

 

Teguh Sambodo memaparkan bahwa rapat pembahasan ini mengacu pada Surat Edaran Bersama Kementerian PPN dan Kementerian Keuangan tentang Pagu Indikatif 2018. Pembahasan ini bertujuan untuk penajaman proyek nasional 2018 dalam rangka menyusun rancangan Pagu Indikatif 2018. Hasil dari pembahasan ini kemudian akan ditindaklanjuti bersama Kementerian Keuangan. Teguh menambahkan bahwa BSN perlu menyusun kegiatan prioritas dan skala prioritas dari kegiatan 2018 untuk selanjutnya disampaikan ke Bappenas.


Kriteria kegiatan prioritas nasional antara lain merupakan program utama/unggulan (flagship) Kementerian, Kontrak Kinerja Menteri, Mendukung Pencapaian Visi Misi dan Nawacita, Prioritas Anggaran: Money Follow Program, Pendekatan Holistik-Integratik-Tematik-Spasial.

 


 

Dari hasil pembahasan tersebut terdapat 11 kegiatan prioritas BSN yang mendukung 4 kegiatan prioritas nasional sebagai berikut:

 1. Prioritas kegiatan BSN yang mendukung kegiatan prioritas nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi yang Efektif yaitu Penerapan SNI ISO 37001 : 2016 oleh 5 K/L (Bappenas, BSN, Kemenpan, BPK, BPS) sebagai tindak lanjut dari Inpres No.10 tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi dan Pemeliharaan Skema SNI ISO 37001:2016.

 

2. Prioritas kegiatan BSN yang mendukung kegiatan prioritas nasional Peningkatan Kualitas dan Standar Produk Ekspor yaitu Pengembangan layanan informasi standardisasi, Kesepakatan Kerjasama standardisasi, Layanan SPK di Sulsel dan Sumsel, Pembinaan UMK dalam rangka penerapan SNI, Peningkatan Kompetensi LPK, SNI yang ditetapkan, Regulasi di bidang SPK.

 

3. Prioritas kegiatan BSN yang mendukung kegiatan prioritas nasional Konsumsi Pangan Sehat yaitu Peningkatan Sertifikasi Pangan

 

4. Prioritas kegiatan BSN yang mendukung kegiatan prioritas nasional Peningkatan Kualitas Produk dan Akses Pemasaran yaitu Pendidikan, Pengembangan dan Pelatihan standardisasi

 


 

 

Untuk itu dalam rangka implementasi kegiatan prioritas tersebut diharapkan semua unit kerja di lingkungan kerja BSN bersinergi dalam mencapai hasil yang optimal.(hanung-pkt)


Dilihat : 101


Terhitung Mulai tanggal 2 mei 2017, Layanan informasi standar tidak menerima pembayaran secara tunai, pembayaran dilakukan melalui Aplikasi SIMPONI. BSN Melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Dengan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) HASIL AKHIR SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL TAHUN 2017 SIARAN PERS: Dukung Sulsel Ber-SNI, IQE Ke-5 Diselenggarakan Di Makasar INDONESIA QUALITY EXPO 2017