Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Mengenai Botol dan Stoples (Jar) Kaca Sebentar Lagi Akan Ditetapkan

  • Kamis, 25 Agustus 2016
  • 18185 kali

 

Standar Nasional Indonesia (SNI) 8229:201X, Botol dan stoples (jar) Kaca menetapkan istilah dan definisi, klasifikasi, syarat mutu, cara pengambilan contoh, cara uji, syarat lulus uji, dan syarat penandaan botol kaca untuk makanan dan minuman yang bertekanan maupun tidak, serta stoples (jar) kaca untuk makanan dan minuman.  Botol yang dimaksud adalah wadah kaca berleher sempit, sedangkan botol kaca bertekanan merupakan botol yang digunakan untuk makanan dan minuman bertekanan dalam ≥ 0,137 Mpa.

 

Botol dan stoples (jar) kaca sesuai SNI harus memenuhi syarat mutu sebagai berikut:

 

Standar ini merupakan revisi  SNI  15-0037-1987, Botol gelas untuk minuman, SNI 15-4067-1996, Botol gelas minuman bertekanan dipakai ulang, SNI 15-4753-1998, Botol gelas untuk minuman bertekanan sekali pakai dengan pelapisan, SNI 15-4081-1996, Botol gelas untuk susu pasteurisasi dan SNI 15-2125-1991, Botol gelas untuk minuman dengan pengisian cara panas. Bagian yang direvisi meliputi klasifikasi, syarat mutu, pengambilan contoh, cara uji dan syarat lulus uji. Standar ini direvisi karena menyesuaikan dengan kondisi saat ini serta untuk meningkatkan daya saing produk. Dengan adanya standar ini maka SNI yang direvisi seperti tersebut diatas tidak berlaku lagi.  

 

 

Standar ini disusun oleh Komite Teknis 81-01, Industri Kaca, dan telah dibahas dalam rapat konsensus lingkup komite teknis. Hadir dalam rapat tersebut wakil dari pemerintah, produsen, konsumen, pakar akademis dan peneliti serta instansi teknis terkait lainnya.

 

 

Saat ini, Rancangan SNI tersebut diatas sedang dalam masa pemungutan suara yang berlangsung dari tanggal 25 Agustus 2016 sampai pada tanggal 24 Oktober 2016.

 

Bagi Anda para pemangku kepentingan yang berkompeten yang terkait dengan standar ini dapat memberikan suaranya melalui http://sisni.bsn.go.id/index.php/jpps/Jpps/ dengan terlebih dahulu meregistrasikan diri dengan mengirimkan email ke mastan@bsn.go.id.  Dokumen Rancangan SNI tersebut diatas dapat Anda unduh selengkapnya setelah anda teregistrasi.

 

Tampilan pada halaman http://sisni.bsn.go.id/index.php/jpps/Jpps/ adalah sebagai berikut :

 

Partisipasi Saudara para pemangku kepentingan standardisasi dalam rancangan SNI ini sangat membantu terwujudnya SNI sesuai dengan kebutuhan pengguna. Segera sampaikan pendapat Anda!




­