Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Amin Klaim Konverter Kit Gas LPG Miliknya Aman dan Hemat

  • Senin, 04 Maret 2019
  • KLT Palembang
  • 161 kali

 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Konverter Kit Amin BenGas merupakan konventer kit Gas LPG yang di peruntukan sebagai bahan bakar pengganti untuk motor kapal/perahu motor. Penemu konventer kit tersebut, Amin mengatakan awal mula ia merakit konventer kit tersebut di masa pemerintahan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di periode pertama.TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Konverter Kit Amin BenGas merupakan konventer kit Gas LPG yang di peruntukan sebagai bahan bakar pengganti untuk motor kapal/perahu motor. Penemu konventer kit tersebut, Amin mengatakan awal mula ia merakit konventer kit tersebut di masa pemerintahan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di periode pertama.


"Saat masa pemerintahan pak muda periode pertama sekitra di tahun ke tiga beliau memanggil saya untuk memunculkan ide terkait pembangunan di Kubu Raya. Saat itu saya tawarkan mobil desa dan konverter kit gas ini, dan akhirnya lebih kekonventer kit karena pertimbangan mayoritas penduduk Kubu Raya merupakan nelayan," ujarnya, Minggu (3/3).

 

Selian untuk nelayan ini juga menurutnya bisa digunakan masyarakat karena Kubu Raya memiliki banyak sungai dan anak sungai. Sehingga nantinya ini juga diharapkan dapat menjadi alat yang membantu tranportasi di masyarakat.

 

"Jadi ini juga bisa sebagai alat angkutan baik manusia maupun barang, jadi bukan hanya untuk nelayan tetapi moda transportasi," katanya.

Ia mengatakan saat itu sekitar di tahun 2010 ia mulai melakukan riset dan sempat di uji coba oleh Bupati Kubu Raya tersebut. Namun diakuinya saat itu untuk menyebarluaskan konverter kit gas tersebut masih terganjal regulasi terutama untuk di gunakan nelayan.

"Saat itu juga ada kenaikan bahan bakar akhirnya kita buat, alat sederha konverter kit ini. Dan dengan ala kadarnya pak bupati coba dua kali, namun kita ingin ini tidak hanya sekedar riset, maka inovasi terus kita lakukan namun terganjal regulasi karena gas LPJ 3kg saat itu hanya untuk rumahtangga dan UMKM, sementara nelayan belum ada," ungkapnya.

Saat itu diakuinya penyebaran konverter kit ini masih terbilang kecil khususnya di Kubu Raya dan belum bisa meluas termasuk ke daerah lain.

"Karena ini juga pilot project dan pertama kali di Indonesia maka di Kubu Raya belum bisa banyak penyebarannya," tuturnya.

Namun karena upaya bertahun-tahun akhirnya produknya tersebut memiliki payung hukum.
"Dari 2010 kita terus upayakan patung hukumnya, kita giring terus hingga akhirnya di 2015 keluar Perpres yang peruntukan gas LPG 3 KG ini bisa digunakan juga oleh nelayan kecil," lanjutnya.

Setelah memiliki payung hukum ia pun segera mengajukan untuk SNI produknya tersebut. Menurutnya ini sebagai bentuk legalitas jika alatnya tersebut memang lebih hemat, dimana menurutnya jika menggunakan konverter kit gas LPG maka akan lebih hemat hingga 5 kali lipat jika menggunakan bahan bakar minyak pada mesin motor di perahu nelayan.

"Tentu kita klaim hemat dan aman perlu penegasan melalui standar Nasional, kita ajukan ke badan standardisasi Nasional (BSN). Kemudian tim BSN melakukan riset lapangan dengan menggunakan motor air yang dimiliki nelayan Kubu Raya saat itu, karena memang di Kubu Raya pertama kalinya menggunakan ini. Akhirnya terbitlah SNI untuk produk kita ini," tuturnya.

Setelah memiliki berbagai sertifikasi dan legalitas Nasional ia mengklaim alat tersebut sudah lebih dari seribu digunakan di berbagai daerah di Indonesia. Namun sayang diakuinya di Kalimatan barat konverter kit tersebut belum digunakan secara masiv khususunya di Kubu Raya.

"Untuk di Nasional kita sudah banyak kerja sama dengan pemerintah daerah berbagai kabupaten/kota untuk konverter kit ini namun memang di kalbar kita belum ada. Hanya saja untuk tenaga ahli yang kita gunakan untuk pemasangan alat, semuanya dari nelayan Kubu Raya yang dulunya bersama-sama kami dalam mengembangkan konverter kit ini," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Amin Klaim Konverter Kit Gas LPG Miliknya Aman dan Hemat, http://pontianak.tribunnews.com/2019/03/03/amin-klaim-konverter-kit-gas-lpg-miliknya-aman-dan-hemat.Penulis: Try Juliansyah Editor: Maskartini



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat