Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Daya Saing, BSN Bersinergi dengan Pemprov Kaltim dan Pupuk Kaltim

  • Senin, 14 Januari 2019
  • - -
  • 607 kali

Bontang. Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya mengingatkan sinergi antara pemerintah dan dunia usaha menjadi kunci untuk membangun produk Indonesia yang berdaya saing. Salah satunya dengan cara meningkatkan kesadaran dan penerapan standardisasi dan penilaian kesesuaian bagi organisasi/perusahaan.

 

“Banyak manfaat yang didapat apabila menerapkan standardisasi dan penilaian kesesuaian. Bagi perusahaan besar akan meningkatkan pendapatan, branding serta pengakuan secara nasional dan internasional. Sedangkan untuk UKM mendapatkan evaluasi dari evaluator dan memotret kinerja perusahaan.” Ujarnya dalam talk show Standardisasi untuk Daya Saing Produk Nasional, di Pupuk Kaltim, Bontang, Kalimantan Timur. (10/01/19)

 

Bambang mengatakan pemerintah telah melakukan sosialisasi dan kesadaran kepada pemerintah daerah maupun pelaku usaha untuk membangun pemahaman tentang standardisasi. Salah satunya dengan digelarnya SNI Award yang merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah bagi organisasi/perusahaan yang sudah secara konsisten dalam menerapkan SNI.

 

Melalui SNI Award diharapkan produsen, konsumen dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar. “Dengan SNI Award ini, kedepannya banyak organisasi/perusahaan lain akan terinspirasi dan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik,” kata Bambang.

 

 

Pada tahun 2018, PT Pupuk Kalimantan Timur mendapatkan penghargaan berupa Grand Platinum yakni suatu penghargaan yang diberikan kepada organisasi yang tiga kali berturut-turut mampu mempertahankan peringkat platinum. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas komitmen yang tinggi dalam menerapkan SNI secara konsisten dan berkelanjutan, berkinerja baik dan mampu menginternalisasi aspek sosial ekonomi dan lingkungan dalam organisasinya. Dalam kesempatan ini, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyerahkan SNI Award Grand Platinum kepada Direktur Utama PT. Pupuk Kalimantan Timur, Bakir Pasaman.

 

Acara Talk Show, dilakukan oleh media TV lokal, bertempat di Kantor Pusat PT. Pupuk Kaltim, dengan tema Standardisasi Untuk Daya Saing Produk Nasional. Sebagai Narasumber dalam acara ini, hadir Dirut PT. Pupuk Kaltim Bakir Pasaman, Kepala BSN Bambang Prasetya dan  Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim Fuad Asaddin. (rmy)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat