Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Menristekdikti Minta BSN Dorong LPK Berbasis Layanan Online

  • Jumat, 04 Januari 2019
  • - -
  • 514 kali

Kementerian Ristekdikti menyelenggarakan Rakernas Ristekdikti di Gedung Prof. Soedarto Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 3 dan 4 Januari 2019. Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya beserta Sestama BSN, Puji Winarni, Deputi Bidang Akreditasi BSN, Kukuh S. Ahmad, serta Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah turut hadir dalam acara tersebut. Rakernas Ristekdikti 2019 mengangkat tema "Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang Terbuka, Fleksibel, dan Bermutu". Menurut Ketua Panitia Rakernas yang juga Sekjen Kemenristekdikti, Ainun, tema tersebut sesuai dengan tantangan yang dihadapi di era Revolusi Industri 4.0. dimana Iptek dan inovasi membutuhkan keterbukaan dan fleksibilitas yang tinggi untuk memicu kreativitas untuk menghasilkan inovasi.

Rakernas Ristekdikti 2019 dihadiri oleh Menristekdikti, M Nasir, Setda Pemprov Jateng, Sri Puryono, Rektor UNDIP, Yos Johan Utama, serta sekitar 350 peserta yang berasal dari pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal Kemenristekdikti mulai dari, pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenristekdikti, Kepala LPNK dalam koordinasi Kemenristekdikti, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, Ketua Komisi VII, Ketua Komisi X, Ketua DPD RI, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Balitbang/Deputi Kementerian terkait, BUMN, serta instansi terkait lainnya.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakernas Ristekdikti 2019, Rektor UNDIP, merasa bangga dan menyambut baik penyelenggaraan Rakernas 2019. Rektor Undip berharap agar Rakernas 2019 dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan strategis di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Selain itu, Rektor Undip mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan Rakernas 2019 telah diimplementasikan berbagai inovasi. “Dalam pelaksanaan Rakernas 2019 kita memakai konsep ramah lingkungan diantaranya ‘paperless’ dan ‘plasticless’. Semua materi rakernas tersedia dalam format digital, tidak dicetak,” tutur Rektor Undip.

Sejalan dengan tema tersebut, Menristekdikti pada kesempatan berkunjung ke stand BSN menyampaikan pesan bahwa sudah saatnya BSN mendorong Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) melakukan proses sertifikasi SNI secara online. Sebagaimana diketahui, BSN berpartispasi juga dalam side event pameran Rakernasristekdikti yang menampilkan tentang kelembagaan BSN, seperti tupoksi BSN dan prestasi BSN/Komite Akreditasi Nasional (KAN) di bidang saling pengakuan di dunia internasional. Selain itu, BSN juga menampilkan contoh produk ber SNI berupa sepatu pengaman produksi PT Alasmas Berkat Utama, Tangerang. Untuk diketahui, selain dikenal produknya yang inovatif (karena 25 design sepatu asli dikembangkan perusahaan), Alasmas juga menerapkan SNI Sukarela produk pengaman sepatu dengan SNI 12-1848:2006 dan SNI 1547:2017. Masyarakat sangat antusias berkunjung ke stan BSN, karena hanya stan BSN yang menampilkan produk yang sudah diproduksi massal dan ber-SNI.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam Rakernas 2019 akan dilakukan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran pada tahun 2018, serta outlook program dan anggaran tahun 2019. Selain itu akan disusun rekomendasi langkah-langkah strategis Kemenristekdikti dalam menghadapi tantangan terkait pengembangan riset, teknologi, dan pendidikan tinggi yang terbuka, fleksibel, dan bermutu serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri.

Rakernas 2019 juga akan menjadi wadah pembahasan isu-isu strategis seperti program studi inovatif, pengembangan distance learning (open university), pengembangan teaching factory atau teaching industry pada perguruan tinggi, pengembangan sumber daya manusia Indonesia pada Revolusi Industri 4.0, pendidikan tinggi vokasi, penguatan institusi riset dan inovasi di Indonesia, perusahaan pemula (startup), serta isu strategis lainnya.

Pada Rakernas 2019 ini juga akan dilakukan Peluncuran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Jumat, 4 Januari 2019, pemberian Penghargaan Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) 2018, dan penghargaan Peringkat LAPOR pada PTN dan LLDikti. Ajang ini juga dimeriahkan oleh pameran produk hasil riset maupun inovasi perguruan tinggi dan LPNK dalam koordinasi Kemenristekdikti. (Dnw/nda- humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat