Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Dukung SDM Perikanan Terapkan ISO 9001:2015

  • Kamis, 21 Desember 2017
  • Prasetyo Nugroho
  • 904 kali


 

Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Makassar bekerjasama dengan Balai Perikanan Budidaya Ikan Air Payau (BPBIAP) Takalar mengadakan pelatihan Bimbingan Teknis Penerapan SNI ISO 9001:2015. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (18-19/12/2017), di Galesong, Kab. Takalar. Kegiatan ini merupakan salah satu program KLT BSN Makassar dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Standardisasi. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Passer, Kalimantan Timur; Dinas Perikanan Kab. Sorong, Papua Barat; Dinas Perikanan Kab. Gowa, Sulsel; Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Takalar, Sulsel, Dinas Perikanan Kab. Barru, Sulsel ; dan BPBIAP dengan instruktur Budi Triswanto dari Badan Standardisasi Nasional.

 


 

 

Teguh Budiono, dari KLT BSN Makassar, menyampaikan bahwa Bimtek ini merupakan kegiatan yang sudah diprogramkan oleh Tim KLT BSN Makassar sebelumnya namun baru dapat dilaksanakan sekarang. “Kegiatan ini sudah lama diprogramkan oleh BPBIAP dengan Tim sebelumnya, namun karena adanya pergantian personil baru terlaksana saat ini” ujar Teguh dalam acara pembukaan. Bimbingan teknis penerapan SNI ISO 9001:2015 merupakan salah satu program insentif yang diberikan oleh BSN melalui KLT BSN Makassar.

 

Pada pelatihan ini, Budi Triswanto memberikan materi pelatihan adalah prinsip-prinsip yang dipersyaratkan dalam SNI ISO 9001:2015 yang terdiri dari: fokus pada pelanggan, kepemimpinan, pelibatan orang, pendekatan proses, bukti berdasarkan keputusan yang dibuat, dan manajemen relasi. Para peserta sangat antusias dengan pelatihan ini karena berlangsung dengan menarik karena instruktur melakukan penyampaian materi dengan cara  berdiskusi kelompok dan melakukan praktek langsung untuk pembuatan proses dokumentasi seperti prosedur, instruksi kerja dan contoh-contoh lainnya.

 

Mewakili Kepala BBPIAP Takalar, Jenny, menyampaikan terima kasih kepada BSN dan KLT BSN Makassar yang telah memfasilitasi BBPIAP dan stakeholdernya untuk pelatihan SNI ISO 9001:2015. BBPIAP Takalar mempunyai tugas untuk melaksanakan penerapan teknik perbenihan dan pembudidayaan ikan air payau serta pelestarian sumberdaya induk/ benih ikan dan lingkungan. Untuk menjamin seluruh proses dapat berjalan sesuai dengan ketentuan, dibutuhkan penerapan sistem manajemen mutu untuk tata kelola kegiatan pembudidayaan. Dengan penerapan SNI ISO 9001:2015, diharapkan akan meningkatkan kualitas layanan maupun tata kelola kegiatan budidaya perikanan yang ujungnya akan meningkatnya kualitas produk yang dihasilkan. (4d9)

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat