Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kunjungan Ilmiah Mahasiswa FT Unika Atma Jaya ke BSN

  • Kamis, 16 Mei 2019
  • - -
  • 403 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima kunjungan ilmiah Mahasiswa Teknik Industri Unika Atma Jaya ke Kantor BSN, Jakarta, pada Rabu (15/05/2019). Menurut Dosen Pembimbing Unika Atma Jaya, Maria Magdalena, kunjungan dimaksudkan agar mahasiswa Fakultas Teknik Unika Atma Jaya memahami standardisasi sehingga siap untuk terjun ke dunia industri selepas menempuh pendidikan.

Rombongan disambut oleh Kepala Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia BSN, Yopi. Dalam sambutannya, Yopi menyampaikan, “Standardisasi itu sangat penting, terutama karena kalian di bidang teknik industri. Nanti akan banyak sekali bertemu hal-hal yang terkait dengan standar. Dari proses standardisasi, manajemen pelayanan, standardisasi proses suatu pengolahan produk, dan masih banyak lagi.” BSN juga membuka pintu bagi para mahasiswa yang ingin melakukan riset bersama terkait standardisasi di industri tertentu. “Kalau misalnya ingin skripsinya melakukan suatu studi terkait standardisasi, kita bisa nanti kolaborasi.”, tutup Yopi.

Dalam kunjungannya, para mahasiswa mendapat materi mengenai pemahaman dasar standardisasi dari Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Kristiati Andriani. Selain itu, mereka juga mendapatkan materi tentang penilaian kesesuaian, akreditasi, sertifikasi, kalibrasi, serta metrologi dari Kepala Subbidang Program dan Evaluasi Pengembangan Sumber Daya Manusia BSN, Heri Kurniawan. Mahasiswa Unika Atma Jaya tampak antusias mengikuti pemaparan dari BSN dengan aktif mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab.

Mahasiswa juga dikenalkan dengan sistem pembelajaran secara daring (e-learning) yang dikembangkan BSN melalui laman elearning.bsn.go.id. Laman ini dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk mempelajari berbagai hal tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian sampai dengan mendapatkan sertifikat kelulusan secara gratis.

Dalam rangka pembentukan agen milenial sekaligus sosialisasi tentang SNI, kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Tim Media Sosial Humas BSN untuk mensosialisasikan kegiatan “SNIzen Meet Up”.

Di akhir kunjungan, para mahasiswa pun berkesempatan mengunjungi Layanan Informasi Terpadu (LITe) dan Perpustakaan BSN yang berlokasi di lantai dasar Gedung I BPPT. Mahasiswa juga ditunjukkan bagaimana menyampaikan atau mengakses data dan/atau informasi mengenai standar dan penilaian kesesuaian melalui laman SISPK di sispk.bsn.go.id. (ian - humas)

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat