Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Organisasi dan Pelaku Usaha di Riau dan Padang Siap Rebut SNI Award 2019

  • Selasa, 09 April 2019
  • - -
  • 745 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk ke-15 kalinya menyelenggarakan SNI Award 2019. SNI Award merupakan sebuah penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia bagi industri/perusahaan/organisasi penerap SNI yang juga berkinerja baik dan berkelanjutan. SNI Award telah melahirkan banyak role model bagi penerap standar.
 
SNI Award menjadi penghargaan yang bergengsi, karena sistem penilaian SNI Award yang ketat dan dilakukan oleh Tim Evaluator dan Tim Dewan Juri yang independen, imparsial, dan kompeten dibidangnya, dengan Ketua Dewan Juri Prof. Rhenald Kasali, Ph.D.  Seluruh proses seleksi, peserta SNI Award tidak dipungut biaya.

 

 

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau Asrizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa standar dapat meningkatkan kualitas, kuantitas, dan konsistensi. "Banyak manfaat apabila perusahaan telah menerapkan standar" ujar Asrizal dalam membuka acara Sosialisasi SNI Award 2019 bertempat di aula Dinas Perindustrian Provinsi Riau (9/4/19)

 

Dengan diselenggarakannya SNI Award 2019 maka para pelaku usaha dan organisasi dapat meningkatkan image (citra) dan kepercayaan produk. SNI Award salah satu kesempatan besar bagi pelaku usaha dan organisasi pendidikan untuk mampu bersaing di level nasional.

 

Direktur Penguatan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN Heru Suseno, menyampaikan, Melalui SNI Award diharapkan produsen, konsumen dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar, serta dapat membangun role model organisasi penerap SNI yang berkinerja baik dan berkelanjutan," ujar Heru.

 

Penilaian SNI Award pada hakekatnya berorientasi pada kegiatan standardisasi dan pemanfaatan SNI secara berkelanjutan. Kerangka kerja SNI Award mengacu pada Malcom Baldridge National Quality Award (MBNQA) yang telah dikembangkan dengan memperkuat muatan SNI sebagai ciri khas dari SNI Award. Penjabaran Kriteria penilaian yang dijadikan dasar untuk membuat pertanyaan mengacu pada SNI ISO 9004 dan MBNQA.

 

Senior Manager PT PLN (Persero) Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (P3B) Sumatera Dhany Barus, menjelaskan pertama kali mengikuti SNI Award 2017 dan perusahaan tersebut meraih kategori Emas. Di tahun 2018, perusahaan kembali meraih kategori Emas dan mendapatkan kesempatan untuk audisi kategori Platinum. Harapannya di tahun 2019 dapat meraih ketegori Platinum untuk pertama kali di wilayah Sumatera.

 

Perubahan keberlanjutan mampu meningkatkan value added (nilai tambah) yang signifikan dalam menerapkan standar secara konsisten. "Dengan mengikuti SNI Award perusahaan mampu meningkatkan kepercayaan dan proses bisnis internal menjadi lebih terarah dan jelas" kata Dhany.

 

 

Tahun lalu (2018), Riau telah meraih 1 (satu) perusahaan dari PT PLN (Persero) Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (P3B) Sumatera dengan peringkat Emas cerita Erningsih, evaluator SNI Award. Penyebaran pendaftar SNI Award 2018 kurang merata di pulau Sumatera dibandingkan pulau Jawa. Harapannya tahun 2019 ini banyak pelaku usaha/organisasi yang mendaftar SNI Award 2019 dan mereka mampu meraih penghargaan yang tertinggi.

 

Peserta SNI Award nantinya diminta memenuhi persyaratan yang ditentukan serta mengikuti proses audit dan assesmen. Sebagai proses akhir, dewan juri yang diketuai pakar ekonomi Prof. Rhenald Kasali dan beranggotakan para pakar wakil dari pemerintah, industri, asosiasi, dan perguruan tinggi, akan menilai dan memutuskan siapa yang berhak menerima  Trophy SNI  Award peringkat  Platinum, Emas, Perak, Perunggu atau Sertifikat EARLY IMPROVEMENT. Para penerima SNI Award juga akan diberikan Sertifikat SNI Award. Adapun bagi penerima penghargaan SNI Award yang 3 tahun berturut-turut mampu mempertahankan peringkat platinum diberikan Penghargaan Khusus (Grand Platinum dan sertifikat). 

 

12 KATEGORI SNI AWARD 2019
1. Organisasi Kecil Jasa
2. Organisasi Menengah Jasa
3. Organisasi Besar Jasa
4. Organisasi Kecil Barang
5. Organisasi Menengah Barang Sektor Agro
6. Organisasi Menengah Barang Sektor Logam Mesin, Alat Transportasi, danElektronika
7. Organisasi Menengah Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan
8. Organisasi Besar Barang Sektor Agro
9. Organisasi Besar Barang Sektor Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika
10. Organisasi Besar Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan
11. Organisasi Pendidikan Tinggi
12. Organisasi Pendidikan Menengah

 

Informasi pendaftaran SNI Award 2019 dapat diakses melalui website resmi Badan Standardisasi Nasional, www.bsn.go.id

 

(klt_pekanbaru)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat