Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Awas, Tabung Gas Elpiji Abal-abal

  • Jumat, 17 April 2009
  • 2676 kali
Kliping berita :

Departemen Perdagangan (Depdag) diminta mengawasi ketat peredaran tabung gas elpiji 3 kilo gram (kg), karena disinyalir ada produksi tabung tidak memenuhi standarisasi masuk ke pasaran.

"Ini tugas Departemen Perdagangan," ungkap I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Industri Logam, Mesin, Tekstil dan Aneka (ILMETA) Departemen Perindustrian saat dikonfirmasi Pos Kota, Jumat (10/4).

Dalam seminar tentang bisnis gas elpiji belum lama ini, Putu mengaku prihatin ada beberapa produsen tabung gas 3 kilo membuat tabung asal-asalan terkait dengan begitu banyak permintaan tabung gas seiring dengan dilaksanakannya program konversi di berbagai daerah tahun ini.

Mereka mengerjakan produksi tabung seperti kerja perbengkelan. Ironisnya lagi kualitas baja yang dipakai juga sembarangan dan mudah pecah. Bukan baja jenis SG 295 yang sudah memenuhi standarisasi.

Ia juga meminta agen tidak mau menerima tabung gas yang tidak memiliki label SNI guna menekan beredarnya tabung gas abal-abal di pasaran. (setiawan/nk/B)

Sumber :Poskota.co.id
Jumat 10 April 2009



­