Internasional

Duta Besar Perutusan Tetap ASEAN Menginginkan Harmonisasi

Harmonisasi standar, penilaian kesesuaian dan regulasi teknis di ASEAN menjadi perhatian serius Duta Besar Perutusan Tetap untuk ASEAN dalam forum ASEAN Connectivity Coordinating Committee (ACCC). Hal tersebut disampaikan oleh Elizabeth P. Buensuceso selaku Chair ACCC dalam acara an Interface with ACCC yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2017 di Solo. ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality (ACCSQ) yang merupakan forum dengan tugas menangani standar, penilaian kesesuaian dan regulasi teknis di ASEAN diundang dalam pertemuan dimaksud untuk memberikan masukan dan rencana harmonisasi ketiga aspek tersebut sampai tahun 2025.

 

I Nyoman Supriyatna, Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi hadir dalam pertemuan tersebut mewakili ACCSQ Chair. Nyoman mendukung proyek dari ACCC tersebut mengingat Masyarakat Ekonomi ASEAN telah berjalan sehingga perlu inisiatif tambahan untuk memperlancar dan memperdalam integrasi ekonomi ASEAN. Namun demikian, Nyoman menggarisbawahi supaya tidak perlu ada penambahan meeting untuk membahas proyek tersebut dengan pertimbangan sudah banyak meeting reguler di ASEAN sehingga dapat menghemat anggaran untuk menghadirinya. Nyoman menambahkan perlunya benchmark dengan aturan atau praktik-praktik internasional lainnya untuk melakukan harmonisasi ketiga aspek tersebut, misalnya dari APEC atau OECD.  (PKS)


Dilihat : 343


SMAK Sinlui 1 Surabaya dan SMKN Sumsel akan Wakili RI di Olimpiade Standar Tingkat Dunia di Korea Upaya KLT BSN di Palembang Membumikan SNI di Sumsel Pemenang Kompetisi Standardisasi Tingkat Nasional SMA/SMK Tahun 2017 INDONESIA QUALITY EXPO 2017 Dinas Kesehatan Sumsel Ingin Terapkan SNI ISO 9001:2015 dan SNI ISO 37001:2016