Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rencana Kerjasama (MOU/MRA) BSN dengan SASO, Arab Saudi

  • Kamis, 23 Oktober 2008
  • 3168 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mewakili Indonesia ikut serta dalam Sidang (International Organization for Standardization) ISO General Assembly Ke – 31 di Dubai, Uni Emirat Arab, pada tanggal 14 – 16 Oktober 2008. Delegasi BSN terdiri dari Kepala BSN, Dr. Bambang Setiadi; Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi BSN, Ir. Nurasiah S. Samhudi; Kepala Pusat Kerjasama Standardisasi BSN, Ir. I Nyoman Supriyatna, M.Sc.; Kepala Pusat Perumusan Standar BSN, Ir. TAR Hanafiah; serta Ketua DEVCO, Ir. Iman Sudarwo.

Selain mengikuti agenda sidang, BSN juga melaksanakan kerjasama standardisasi dengan beberapa badan standardisasi dari beberapa negara anggota ISO.

Pada tanggal 15 Oktober 2008, BSN melakukan pembicaraan mengenai draft kerjasama dengan Saudi Arabian Standards Organization (SASO). Pembicaraan ini merupakan tindaklanjut dari rencana penandatanganan Mutual Recognition Arrangements (MRA) antara BSN dengan SASO. Pemerintah Indonesia dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani the Economic and Technical Agreement di Riyadh pada 19 Mei 1981. Namun untuk penandatanganan MRA dibutuhkan adanya payung kerjasama dalam bentuk MOU. Oleh karena itu, BSN memanfaatkan waktu di sela-sela Sidang ISO General Assembly ke-31 untuk pembicaraan lebih lanjut mengenai MOU tersebut. Draft kerjasama saat ini masih dalam pembahasan masing-masing pihak. Jika kedua pihak telah menyepakati, maka rencananya tanggal 5 – 6 November 2008 akan dilakukan penandatanganan kerjasama antara BSN dengan SASO di Jakarta.

Melalui berbagai kerjasama standardisasi di tingkat internasional, diharapkan akan membawa kemajuan bagi pengembangan standardisasi di dalam negeri serta mampu mendukung perdagangan Indonesia di pasar global.



­