Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

ISO Luncurkan Modul Pembelajaran Jarak Jauh untuk Konsumen

  • Senin, 20 Mei 2013
  • 2373 kali

Menjelang pertemuan the 35th ISO COPOLCO Plenary Meeting tanggal 22-23 Mei 2013 di Malta, ISO (International Organization for Standardization) meluncurkan Modul Pembelajaran Jarak Jauk (Distance Learning Module atau DLM) untuk Konsumen berjudul “Consumers and Standards: Partnership for a Better World”.  Modul ini merupakan versi pemutakhiran dari versi sebelumnya sejak diluncurkan tahun 2009.

 

Modul dapat diakses secara online di website ISO (www.iso.org) atau website BSN (www.bsn.go.id). Masyarakat luas dapat menggunakannya secara mandiri dan bebas biaya dari manapun serta kapanpun. Karena selain tersedia secara online, tersedia juga versi offline yang dapat diunduh di website ISO.

 

Modul ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat konsumen tentang standardisasi, perlindungan dan kebijakan konsumen. Jika sudah paham dan sadar, diharapkan partisipasi masyarakat konsumen dalam pengembangan standar meningkat.

 

Modul ini juga membantu para profesional berpengalaman dari organisasi konsumen maupun badan standar memperkaya wawasan sehingga dapat semakin bijak dalam setiap perumusan kebijakan publik terkait standar dan perlindungan konsumen.

 

 

 

 

Modul ini telah mendapat dukungan dari organisasi konsumen internasional atau CI (Consumers International) yang beranggotakan 220 organisasi konsumen dari 115 negara, termasuk YLKI. Direktur  Jenderal CI, Hellen McCallum, menyatakan “Modul ini adalah sumber informasi berharga dan mudah diakses bagi konsumen untuk membangun pengetahuan akan pentingnya peran standar dalam mendukung perlindungan konsumen. Melalui modul ini akan ditunjukan bagaimana partisipasi efektif konsumen standar internasional maupun nasional adalah kunci dari pengembangan standar agar sesuai dengan kebutuhan konsumen."

 

Modul tersusun atas 3 struktur dan 8 sesi. Pertama adalah Konten utama yang berisi tema, contoh spesifik serta tautan website yang bermanfaat dan setiap sesi diakhiri dengan pertanyaan-pertanyaan ulasan. Kedua adalah kumpulan referensi yang bermanfaat dan ketiga adalah kumpulan materi dan sumber-sumber yang tersedia melalui tautan langsung ke materi tentang konsumen, standardisasi dan subjek-subjek yang terkait.

 

Apapun profesi Anda dan dimanapun Anda bekerja, di Badan Standardisasi, Lembaga Konsumen, Industri atau sebagai ibu rumah tangga, pada akhirnya Anda juga adalah seorang konsumen. Suara Anda sangat penting, baik bagi industri maupun badan standardisasi. Untuk Andalah suatu produk dibuat, untuk melindungi Andalah suatu standar dikembangkan. Untuk itu marilah bersuara tapi jangan asbun. Mulailah dengan “menikmati' modul, “Consumers and Standards: Partnership for a Better World” ini. (Har)




­