Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tingkatkan Pengetahuan Standardisasi Melalui Pameran

  • Kamis, 24 April 2008
  • 1834 kali

Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ristek pada tanggal 16 - 17 April 2008 di Palembang, Sumatera Selatan. Rakornas dihadiri oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Kepala Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) Ristek beserta beberapa jajarannya di tingkat Eselon I dan II, serta para peneliti baik dari akademisi, pemerintah, maupun industri.


Di tempat yang sama, BSN juga menyelenggarakan Temu Masyarakat Standardisasi Indonesia (Mastan) dan sekaligus Pengukuhan Pengurus Korwil Mastan untuk Sumatera Selatan pada tanggal 15 April 2008.


Adanya kedua kegiatan yang sangat penting tersebut, dimana para stakeholder baik dari industri, akademisi, maupun pemerintah pusat/provinsi berkumpul untuk berdiskusi bersama, BSN ikut berperan aktif melalui Pameran. Pameran diikuti oleh sekitar 11 peserta yang berasal dari industri, perguruan tinggi, dan dinas pemerintah di Sumatera Selatan.


Melalui keikutsertaan dalam pameran ini, BSN berkesempatan memaparkan hasil-hasil kegiatan BSN seperti keberhasilan dalam penyelenggaraan SNI Award, peran aktif BSN di forum internasional ISO, IEC maupun CAC, dan fasilitasi dalam pengembangan SNI melalui Masyarakat Standardisasi (MASTAN) dan SISNI. Dalam kesempatan ini pula untuk melalukan promosi recuitment anggota MASTAN


Pengunjung yang berkesempatan datang ke stand BSN, cukup antusias dalam menggali informasi standardisasi. Hal ini terjadi karena masalah standardisasi barangkali belum cukup diketahui oleh masyarakat Palembang. SNI dan produk bertanda SNI, masih merupakan pengetahuan yang awam bagi sebagian masyarakat.



Oleh sebab itu, keikutsertaan BSN dalam pameran cukup membantu dalam upaya menyebarluaskan informasi standardisasi ke masyarakat. Harapan selanjutnya adalah, masyarakat semakin banyak yang terlibat dalam standardisasi, baik dalam pengembangan SNI, penerapan SNI, lembaga penilaian kesesuaian maupun keputusan konsumen membeli produk bertanda SNI. (dnw)



 




­