Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Pendongkrak Ekonomi di Riau

  • Selasa, 27 November 2018
  • David Nicko
  • 424 kali

Pekanbaru. Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Provinsi Riau menggelar Sosialisasi Peran Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Nasional, di Premier Hotel Pekanbaru (Selasa, 27/11/18).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BSN Bambang Prasetya, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Sekretaris Utama BSN Puji Winarni, Deputi Bidang Informasi dan Pemasyaratakan Standardisasi BSN Zakiyah, Kepala Dinas Perindustrian Riau Asrizal, Kepala Pusat Pendidikan Pemasyarakatan Standardisasi BSN Nasrudin Irawan, serta dihadiri dari OPD di Provinsi Riau.

 

 

Kepala BSN Bambang mengungkapkan kehadiran Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN di Pekanbaru menjadikan standardisasi dan penilaian kesesuaian sebagai salah satu pengungkit ekonomi dalam sektor industri di Riau. Sebagai provinsi yang memiliki sumber daya yang besar, BSN bekerjasama dengan Riau untuk bersinergi bersama, agar standardisasi dan penilaian kesesuaian dapat berguna bagi UKM dan stakholder. "UKM yang belum memiliki pengetahuan tentang SNI, maka akan kita bina dengan KLT Riau. Sehingga kedepannya dapat dijadikan role model." Ujar Bambang.

 

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi menerangkan pembangunan ekonomi dengan penerapan standardisasi dan penilaian kesesuaian menjadi pilar penting dalam keberhasilan dari suatu daerah. Sektor industri di provinsi Riau merupakan salah satu kontribusi ekonomi selain sektor pertanian, kehutanan, perkebunan, pengolahan, pertambangan, dan migas. "Diperlukan hilirisasi dengan meningkatkan nilai tambah melalui industrialisasi dan sertifikasi, agar dapat meningkatkan kompetitif dan komparatif untuk mendukung daya saing suatu daerah". Tegas Ahmad.

 

 

Sosialisasi ini dilakukan dengan diskusi panel yang menjadi narasumber Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN Zakiyah, Kepala Dinas Perindustrian Riau Asrizal, UKM Alang-Alang Tri Wahyuni, dan di moderatori oleh Kepala Pusat Pendidikan Pemasyarakatan Nasrudin Irawan. Diharapkan tahun 2019 dengan dibukanya KLT di Pekanbaru dapat meningkatkan pemanfaatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Provinsi Riau. (rmy/humas)

 

Materi sosialisasi dapat di unduh di tautan berikut ini:

http://bsn.go.id/uploads/download/materi_kepala_bsn_-_pekanbaru_27_november.pdf

http://bsn.go.id/uploads/download/materi_ukm_alang-alang_-_manfaat_penerapan_sni_bsn_-_27_november.pdf

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat