Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Membuka Seminar on Understanding and Implementing EE MRA di Bali

  • Jumat, 07 November 2008
  • 2586 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Dr. Bambang Setiadi, membuka kegiatan Seminar on Understanding and Implementing Electrical and Electric Mutual Recognition Arrengement (EE MRA) yang diselenggarakan pada tanggal 6 November 2008 di Hotel Ramada Bintang Bali Resort, Denpasar, Bali.

Dalam Welcome Remark yang disampaikan dalam acara tersebut, Dr. Bambang Setiadi menyampaikan bahwa penguatan standar merupakan salah satu langkah yang harus ditempuh dalam mewujudkan ASEAN Economic Community pada tahun 2015. Untuk itu perlu ada Mutual Recognition Arrengement (MRA) terhadap sektor-sektor penting dalam perdagangan antar negara-negara ASEAN. Salah satu sektor tersebut adalah elektronik. Tujuannya adalah untuk mengurangi duplikasi testing dan sertifikasi untuk listrik dan peralatan elektronik di kawasan ASEAN. Oleh karena itu, diskusi mengenai isu-isu standar kelistrikan dan peralatan elektronik terkait dengan harmonisasi dan regulasi teknis perlu terus dibina. Dr. Bambang Setiadi berharap agar seminar ini dapat menghasilkan langkah penting dan menyelesaikan perbedaan-perbedaan yang ada.

Acara yang diselenggarakan oleh Pusat Standardisasi (Pustand) Departemen Perdagangan RI ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan The 6th ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality (ACCSQ) Joint Sectoral Committee on Electrical and Electronic Equipment (JSC EEE) Meeting serta The 13th APEC JAC EE MRA Meeting yang diselenggarakan tanggal 4 – 7 November 2008 di tempat yang sama.

Seminar on Understanding and Implementing EE MRA dihadiri oleh Ketua ACCSQ JSC EEE, Mr. Dennis Tet Yin Wong; Ketua APEC JAC EE MRA : Mr. Michael Wong; Kepala Pustand Depdag, Ir. Andreas Anugerah, MT, serta pejabat Pustand Depdag. Peserta kurang lebih 100 orang yang merupakan delegasi dari Negara-negara anggota ASEAN dan APEC, Pusat Standardisasi, serta BSN.(arf)



­