Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Menuju Satu Data Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian

  • Selasa, 10 September 2024
  • Humas BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BSN menyelenggarakan kegiatan Forum Satu Data Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian pada Kamis – Jumat, 5 – 6 September 2024 di Bogor, Jawa Barat.

Hal ini terkait kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) sesuai Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad. Menurut Kukuh, Terdapat 94 data berdasarkan hasil identifikasi kertersediaan data dari seluruh unit di BSN yang akan dikelola oleh Pusdatin BSN.

Kepala Pusdatin BSN, Zul Amri yang memandu kegiatan ini menjelaskan pentingnya BSN untuk bisa mengelola data yang lebih baik dan lebih terintegrasi dari sebelumnya.

SDI dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh Instansi Pusat dan Instansi Daerah untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Melalui SDI, seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal Satu Data Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan BSN serta PIC atau Tim Pelaksana Data SPK dari setiap unit kerja di BSN.