Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Sukses dalam penyelesaian Roadmap of ASEAN Harmonised Standards to Support SDGs, Indonesia menyerahkan keketuaan ACCSQ 2024-2025 ke Laos

  • Selasa, 02 Juli 2024
  • Humas BSN

ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality (ACCSQ) memasuki gelarannya yang ke-61 pada tanggal 25 – 27 Juni 2024 secara virtual. Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah berhasil menyelesaikan kepemimpinannya sebagai Ketua atau Chair pada sidang badan sektoral di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Kawasan ASEAN tersebut sepanjang tahun 2023 hingga tongkat Chairmanship diserahkan (Handover) kepada Laos pada tahun 2024.

Berbagai capaian strategis bidang SPK berhasil ditetapkan sepanjang estafet Keketuaan ACCSQ berada di Indonesia. “Kemajuan yang telah dicapai dalam berbagai program prioritas ACCSQ sepanjang tahun 2023, dapat dijadikan cerminan guna melanjutkan serta mengembangkan pencapaian inisiatif ASEAN di dalam kepemimpinan berikutnya,” ungkap Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Konny Sagala dalam The 61st Meeting of The ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality (ACCSQ) yang digelar secara virtual, pada Selasa (25/6/2024).

Hasil-hasil capaian program prioritas yang dihasilkan selama Keketuaan Indonesia pada ACCSQ periode tersebut diantaranya adalah mengembangkan inisiatif seperti Pedoman Verifikasi Pengukur Aliran Jenis Perpindahan Positif yang Digunakan untuk Bahan Bakar Curah atau Guidelines on Verification of Positive Displacement Type Flowmeters Used for Bulk Fuels; Kerangka Kerja Regulasi Farmasi ASEAN atau The ASEAN Pharmaceutical Regulatory Framework (APRF); Pedoman Tindakan Khusus untuk Bahan Kontak Makanan pada keramik atau Guidelines on Specific Measures for Food Contact Materials on ceramics; serta kontribusi Indonesia terhadap Peta Jalan Harmonisasi Standar ASEAN untuk mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SDGs).

Director of National Accreditation Bureau Department Standardization and Metrology Ministry of Industry and Commerce Lao PDR, Bounhome Phanouvong selaku Chair ACCSQ 2024 menyampaikan bahwa, kepemimpinan Indonesia yang baik di ACCSQ perlu dilanjutkan.

Sidang turut membahas perkembangan terkini mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang memasuki tahapan reviu periode akhir Cetak Biru MEA 2025.