Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Bersama Komite Teknis Siapkan Mitigasi Keamanan Baterai Kendaraan Listrik

  • Kamis, 20 Juni 2024
  • Humas BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Komite Teknis (Komtek) 13-04 Kendaraan dan Peralatan Pemadam Kebakaran diundang oleh salah satu produsen alat pemadam api ringan (APAR) yaitu PT. Servvo Fire Indonesia di Tangerang pada hari Rabu (19/06/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk membahas rencana perumusan SNI alat pemadam kebakaran untuk baterai lithium-ion sekaligus melihat demonstrasi pemadamannya bila terbakar.

Menurut Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Infrastruktur dan Teknologi Informasi BSN, Iryana Margahayu perlu adanya koordinasi antara KomTek 13-04 dan KomTek 43-02 dalam proses perumusan SNI alat pemadam kebakaran untuk baterai lithium-ion.

Kepala Divisi Engineering PT. Servvo Fire Indonesia, Ali, memperkenalkan salah satu produk alat pemadam api yang diberi nama SV-5 Solution yang mampu melakukan penetrasi baterai lithium-ion yang terbakar dan menghentikan thermal runaway.

Selain itu, pada pertemuan ini juga membahas mengenai dokumen acuan Dutch Technical Agreement (NTA) 8133 Portable fire extinguishers - Performance requirements, test methods and marking for suitability for extinguishing lithium battery fires.

Di akhir diskusi, Iryana menyampaikan bahwa dalam perumusan SNI alat pemadam kebakaran untuk baterai lithium-ion masih diperlukan koordinasi dan kajian yang lebih mendalam.

Kegiatan ditutup dengan observasi langsung melihat proses produksi alat pemadam api SV-5 Solution yang diproduksi oleh PT. Servvo Fire Indonesia dan demonstrasi pemadaman baterai lithium-ion yang terbakar.