Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Hari Keamanan Pangan Sedunia, Wujudkan Pangan yang Aman dengan SNI

  • Rabu, 12 Juni 2024
  • Humas BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai lembaga yang bertanggung jawab di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia, salah satu perannya adalah mewakili Indonesia di dalam organisasi standar pangan dunia untuk merumuskan Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait pangan dan juga sektor-sektor lainnya. Hal ini diungkapkan Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo dalam Acara Peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2024 yang digelar oleh Kementerian Kesehatan yang bekerja sama dengan BSN dan Pemerintah Kota Bogor pada Selasa (11/6/2024) di Taman "Ekspresi" Sempur, Kota Bogor.

Menurut Donny, dari lebih dari 10 ribu SNI yang ditetapkan oleh BSN, sekitar 60℅ nya berkaitan dengan produk berbasis pangan.

BSN mencoba berbagai cara untuk memastikan bahwa SNI yang terkait pangan itu mudah diterapkan.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono saat membuka acara mengatakan, peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan adalah dengan melaksanakan upaya standarisasi terhadap Pangan Siap Saji terutama di pangan ja

Rangkaian Peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia ini juga dilakukan Peresmian Sentra Kuliner Teras Sukasari di Kota Bogor oleh Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari yang juga didampingi Sekretaris Utama BSN.