Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Panduan dan Kuesioner Penerapan Tata Kelola SPK Indonesia Jadi Rujukan Baru bagi Anggota APEC

  • Selasa, 23 Juli 2024
  • Humas BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan workshop bertema "Strengthening Good Governance on the Implementation of Standardization and Conformity Assessment for APEC Economies", pada 9 – 11 Juli 2024, di Denpasar, Bali. Workshop ini dihadiri oleh National Standardization Bodies (NSB), regulator, dan akademisi dari 13 ekonomi APEC.

Deputi Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah menyatakan bahwa workshop ini memperkenalkan panduan dan kuesioner yang diinisiasi oleh BSN untuk mengukur maturitas tata kelola standardisasi dan penilaian kesesuaian di berbagai organisasi.

Workshop ini didukung oleh UNIDO, OECD, ISO, dan ASTM.

Kegiatan ini merupakan bagian dari proyek Indonesia di APEC SCSC, yaitu SCSC 02 2023T – Development of Guidance on Strengthening Good Governance on the Implementation of Standardization and Conformity Assessment for APEC Economies.

Indonesia mengusulkan Panduan dan kuisioner tata kelola Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) bagi organisasi pemerintah yang sebelumnya digagas oleh BSN – Indonesia, untuk dapat diimplementasikan lebih luas di ekonomi-ekonomi APEC.

Direktur SPSPK BSN, Konny Sagala sampaikan apresiasinya dan akan melakukan finalisasi panduan dan kuesioner Tata Kelola SPK berdasarkan masukan yang diperoleh untuk disampaikan kepada APEC untuk mengukur nilai maturitas SPK negara anggota APEC.

Workshop ini diharapkan dapat menjadi landasan peningkatan tata kelola SPK di ekonomi masing-masing dan mendorong kolaborasi antar ekonomi APEC yang lebih kuat.

Foto bersama.

Foto bersama.

Foto bersama.