Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pentingnya Standar terkait Keamanan Pangan untuk Panduan Kesiapsiagaan Kondisi Tidak Terduga

  • Selasa, 11 Juni 2024
  • Humas BSN

Pangan yang aman sangat penting untuk peningkatan kesehatan dan kesejahteraan manusia. Mewujudkan keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama di sepanjang rantai pangan, baik itu unsur pemerintah, masyarakat serta pelaku usaha. Saat ini, kesadaran konsumen akan pentingnya keamanan dan mutu pangan semakin meningkat sehingga kebutuhan akan jaminan terhadap keamanan dan mutu pangan menjadi prioritas utama.

"Dalam perdagangan pangan antar negara, standar memiliki peran strategis untuk memberikan jaminan kepada konsumen dan juga merupakan panduan bagi produsen dalam menghasilkan suatu produk," ungkap Sekretaris Komite Nasional Codex Indonesia, Hendro Kusumo.

Peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia Tahun 2024 yang dikoordinasikan oleh Direktorat Sistem dan Harmonisasi Pengembangan Standar BSN juga diisi dengan sesi seminar yang menghadirkan tiga narasumber.

Dr. Tono dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang mempresentasikan "Menjaga Rantai Pasokan Pangan: Strategi Mengatasi dan Memulihkan Keadaan Darurat"

Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si., Deputi Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memaparkan "Tata Kelola Penyediaan Pangan yang Aman dalam Situasi Darurat Bencana"

Hendro Kusumo, Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, yang menguraikan tentang "Standardisasi mitigasi kedaruratan dalam memastikan keamanan pangan".

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh perwakilan berbagai pemangku kepentingan, yaitu pelaku usaha dan asosiasi produsen, para pakar di bidang pangan dan kebencanaan, serta unsur Kementerian/Lembaga Pemerintah terkait.