Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dalam Guest Lecture Series IPB: Akreditasi, Sertifikasi, & Standardisasi Mutu

  • Rabu, 22 Mei 2024
  • Humas BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) secara konsisten berpartisipasi dalam upaya peningkatan pemahaman mengenai Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Indonesia bagi stakeholder termasuk mahasiswa.

Untuk itu, BSN yang diwakili oleh Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah hadir dan menyampaikan materi berjudul “Akreditasi, Sertifikasi, & Standardisasi Mutu” kepada 180 Mahasiswa dalam Guest Lecture Series Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (FEM IPB), Kabupaten Bogor - Jawa Barat, Rabu (22/5/2024).

“BSN sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian mempunyai tugas dan tanggung jawab di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian di Indonesia,” ungkap Zakiyah seraya membuka paparannya.

Penerapan SPK yang memiliki tujuan untuk meningkatkan jaminan mutu produk; terciptanya efisiensi produksi yang lebih baik; sekaligus meningkatkan keberterimaan dalam transaksi perdagangan barang juga jasa baik di dalam negeri hingga pasar ekspor.

Perlu ditingkatkan pengetahuan mengenai praktik manajemen bisnis; prinsip-prinsip audit; memahami sektor bisnis klien; hingga teknik presentasi termasuk keterampilan bahasa sesuai dengan semua tingkat di dalam organisasi klien.

Mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah Manajemen Mutu mampu menjelaskan definisi, sekaligus mengembangkan kemampuan untuk menganalisis hal-hal yang terkait dengan pengendalian, peningkatan, juga penerapan mutu.

Kegiatan yang berlangsung dengan sangat interaktif ini, turut mendiseminasikan program-program BSN yang bermanfaat untuk proses pembelajaran Mahasiswa, termasuk e-Learning Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN.