Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Jamin Ketertelusuran Pengukuran di Internasional melalui Peer Review

  • Jumat, 17 Mei 2024
  • Humas BSN

Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Termoelektrik dan Kimia (TK) Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus berupaya menjamin ketertelusuran pengukuran di tingkat internasional dengan melakukan peer review untuk lingkup fotometri dan radiometri.

Proses peer review berlangsung selama 3 hari mulai Senin (13/05/2024) sampai Rabu (15/05/2024) oleh Annette Koo, ahli metrologi fotometri dan radiofotometri dari Measurement Standard Laboratory (MSL), lembaga metrologi nasional Selandia Baru.

Pada peer review kali ini, terdapat 28 lingkup yang akan direviu, di mana 27 lingkup tersebut merupakan lingkup baru. Peer review dalam laboratorium kalibrasi adalah proses evaluasi yang dilakukan oleh ahli di bidang kalibrasi yang independen untuk menila

Tujuan utama dari peer review adalah memastikan bahwa suatu laboratorium telah memiliki kemampuan dan mematuhi prosedur serta standar yang diakui secara internasional untuk menjamin akurasi pengukurannya.

Peer review juga merupakan salah satu tahap yang harus dilakukan Laboratorium SNSU BSN sebagai lembaga metrologi nasional atau National Metrology Institute (NMI) untuk mendapatkan pengakuan CMC di tingkat internasional.