Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Kunjungi Laboratorium BPSB Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar

  • Senin, 22 April 2024
  • Humas BSN

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad melakukan kunjungan ke Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung - Jawa Barat, pada Jum’at (19/4/2024).

Kepala BSN, Kukuh S. Achmad: Hortikultura atau budidaya tanaman yang bermutu menjadi salah satu jaminan untuk produksi yang optimal.

Plt. Kepala BPSB Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura PemProv. Jabar, Wahid Sarifudin: BPSB telah memenuhi Persyaratan Umum untuk Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi sesuai SNI ISO/IEC 17025:2017.

Diskusi penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) laboratorium yang dimiliki BPSB Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Untuk mengetahui mutu bibit tanaman, perlu dilakukan rangkaian uji mulai dari proses pembenihan, pembibitan, pengendalian hama hingga pendistribusian hasil budidaya yang sesuai standar.

Tentunya keberadaan laboratorium yang dimiliki oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang terakreditasi KAN sangat penting, karena sangat berkaitan dengan standardisasi hasil pengujian.

Benih tanaman ini menjadi penentu produktivitas, sebelum diedarkan harus bisa terjamin mutunya dan sesuai standar.

Kedepannya, laboratorium yang dimiliki BPSB Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan selalu mengembangkan dan menerapkan pengendalian mutu dan jaminan mutu dengan menetapkan dan memelihara Sistem Manajemen Mutu (SMM).

­