Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN – KemenBUMN Perkuat Sinergi Tingkatkan Daya Saing UMKM melalui Sertifikasi SNI

  • Kamis, 29 Februari 2024
  • Humas BSN

Dalam upaya untuk mewujudkan iklim kewirausahaan yang semakin berdaya saing di Indonesia, diperlukan transformasi secara berkelanjutan di berbagai sektor usaha secara merata, termasuk untuk kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah satunya dengan meningkatkan kualitas atau mutu produk melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Berbicara mengenai peningkatan daya saing, diperlukan penguatan networking, kolaborasi yang baik dengan para pemangku kepentingan yang bertujuan agar penerapan SNI dapat berkontribusi dalam tata kelola kewirausahaan untuk mendukung peningkatan daya saing para pelaku usaha di berbagai sektor di Indonesia.

Guna penguatan networking dimaksud, Badan Standardisasi Nasional (BSN) berkolaborasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (Kementerian BUMN) menggelar acara Diskusi Kolaborasi Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Fasilitasi Sertifikasi SNI, pada Kamis (29/2/2024) di Jakarta.

Dukungan Kementerian BUMN sangat luar biasa untuk pembinaan termasuk sertifikasi SNI bagi UMKM.

Kolaborasi program Sertifikasi SNI dengan BSN sangat baik sekali sebagai penyemangat bagi UMKM mitra binaan BUMN untuk memproduksi barang dan jasa dengan lebih baik lagi.

Produk ber-SNI adalah pilihan utama, karena tanda mutu di Indonesia hanyalah SNI.

Sertifikasi sebagai bukti komunikasi kepada masyarakat di dalam menjamin K3L juga penggunaan sumber daya alam yang efisien, hingga kontribusi dari para pelaku usaha termasuk UMKM untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan melalui UMKM, Kementerian BUMN banyak memberikan dukungan bagi UMKM untuk naik kelas.

Klasifikasi naik kelas berangkat dari tradisional menjadi modern, setelah itu go digital, go online, hingga go ekspor.

Pentingnya kolaborasi BSN dengan BUMN, agar semakin banyak UMKM Indonesia yang naik kelas serta mampu bersaing di pasar nasional dan sukses masuk pasar ekspor.

­