Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN - UPS Optimalkan Kerja Sama Riset di bidang Standardisasi

  • Kamis, 21 Desember 2023
  • Humas BSN

Kolaborasi yang telah terjalin antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan Universitas Pancasakti (UPS) terus dijaga serta diperkuat melalui serangkaian kegiatan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK). Optimalisasi riset di bidang SPK fokus pada peningkatan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya di wilayah Tegal dan sekitarnya.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, BSN dan UPS menyelenggarakan Workshop Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Selasa (19/12/2023) di Auditorium Kampus II Universitas Pancasakti, Tegal - Jawa Tengah.

Tenaga Pendidik dan Mahasiswa memegang peranan sentral dalam melakukan riset, yang hasilnya sangat potensial dalam mendukung pengembangan SNI.

Berbicara mengenai peningkatan daya saing UMKM, dapat pula dilakukan melalui pengenalan SNI ISO 26000 sebagai bagian dari mata kuliah Standardisasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan industri ke LIK Takaru, yang diterima dengan baik oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Tegal.

LIK Takaru diakui sebagai Jepang-nya Indonesia, menunjukkan besarnya potensi industri logam dalam satu kawasan tersebut.

­