Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KLT BSN Sumsel – PLUT Prabumulih Ajak UMKM Tingkatkan Mutu dengan SNI

  • Jumat, 20 Oktober 2023
  • Humas BSN

Dalam rangka meningkatkan mutu serta daya saing produk UMKM, Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Sumatera Selatan bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Prabumulih menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program SNI Bina UMK, pada Rabu (18/10/2023) yang bertempat di Aula Gedung Dinas Koperasi dan UMKM Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 100 UMKM Binaan PLUT Prabumulih dan Dinas Koperasi dan UKM (Diskop) yang memiliki berbagai produk unggulan daerah, salah satunya adalah produk olahan Nanas.

UMKM yang memproduksi produk dengan kategori risiko rendah, termasuk olahan Nanas dapat menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dimulai dengan mengikuti Program SNI Bina UMK.

Jaminan mutu bagi konsumen sangat dibutuhkan agar masyarakat percaya dan merasa aman untuk menggunakan atau mengonsumsi produk yang dibeli.

Tanda SNI bina UMK diberikan secara gratis kepada UMKM dengan kategori Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) risiko rendah, bukan SNI wajib.

Analis Standardisasi Ahli Pertama BSN, Galih menyampaikan materi mengenai langkah-langkah untuk mengakses Program SNI Bina UMK.

Ini merupakan tahap awal bagi UMKM untuk mendapatkan bimbingan penerapan SNI secara mudah dan efisien, juga menyiapkan UMKM untuk menerapkan SNI secara utuh.

­