Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Desain Peta Jalan Harmonisasi Standar ASEAN, PED Indonesia ASEAN 2023

  • Selasa, 14 Maret 2023

Dalam rangkaian Keketuaan ASEAN 2023 oleh Indonesia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) diamanatkan salah satu Priority Economic Deliverables (PED) berupa Peta Jalan Harmonisasi Standar ASEAN dalam rangka mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 (Roadmap of ASEAN Harmonised Standard to Support Sustainable Development Goals (SDGs) Implementation). Dalam rangka mengidentifikasi peranan standardisasi serta identifikasi indikator pada standar internasional yang mendukung 17 SDGs Goals, BSN melaksanakan audiensi dengan Sekretariat Nasional SDGs – BAPPENAS pada Senin (13/3/2023) di Jakarta.

BSN sebagai focal point untuk ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality (ACCSQ), perlu secara intensif berdiskusi dengan Sekretariat Nasional SDGs.

salah satu PED BSN pada Keketuaan ASEAN 2023 sangat erat kaitannya dengan indikator pencapaian SDGs yang telah diidentifikasi oleh BAPPENAS.

Peta jalan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi Product Working Group di bawah ACCSQ untuk mengharmonisasi standar yang mendukung pencapaian SDGs.

BSN akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk identifikasi beragam standar internasional yang dipandang potensial untuk diharmonisasikan pada level ASEAN.