Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan SSC Elaborasi Isu Terkini di Bidang Standardisasi Internasional

  • Senin, 06 Februari 2023

Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Singapore Standards Council (SSC) – Enterprise Singapore yang sama-sama sebagai National Standards Body (NSB) yang bertanggung jawab penuh di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) secara nasional di negara masing-masing, saling mendukung untuk kemajuan SPK dan memberikan kontribusi bagi kawasan maupun global. Dalam rangka mempererat kerjasama dan mendiskusikan isu-isu terkini di bidang standardisasi yang menjadi perhatian kedua negara, khususnya pasca pandemi Covid-19, SSC beraudiensi ke Kantor BSN di Jakarta pada, Kamis (2/2/2023).

Delegasi SSC disambut secara langsung oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad secara hangat, “Pertemuan tatap muka dengan Delegasi SSC kali ini sekaligus menindaklanjuti pertemuan informal abatara BSN dan SCC pada saat mengahdiri IEC General Meeting di San Francisco, Amerika Serikat, pada akhir tahun 2022 yang lalu,” ungkap Kukuh saat membuka pertemuan sekaligus mengenalkan Tim BSN.

Audiensi SSC ke BSN yang terlaksana pertama kali secara fisik pasca pandemi ini merupakan kesempatan untuk memperkuat kerja sama yang sudah terjalin.

BSN - SSC perlu untuk terus saling memahami serta berbagi pandangan mengenai apa yang sedang terjadi dalam konteks memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui SPK.

Pada level bilateral, antara pemerintah Indonesia dan Singapura telah banyak kesepakatan yang ditandatangani oleh kedua pimpinan Negara.

Kegiatan SPK antar kedua negara dapat diselaraskan untuk mendukung segala upaya berkenaan dengan perjanjian pada level Government to Government (G2G) initiatives.

Peran strategis BSN, khususnya di masa Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, memegang peran yang sangat penting untuk kelancaran dan kesuksesan program yang secara langsung berkaitan dengan SPK.

Tahun ini Indonesia menjadi ketua dan sekaligus sebagai tuan rumah pertemuan ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality (ACCSQ).

Turut dibahas topik SPK untuk mendukung keberlanjutan atau sustainability, digitalisasi, perkembangan standar kendaraan listrik, rantai dingin, halal, hingga akreditasi yang merupakan elemen-elemen untuk mendukung tercapainya program SDGs

­