Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Generasi Muda Standardisasi Indonesia Berikan Lompatan Kemajuan Sistem Mutu Nasional

  • Rabu, 12 Oktober 2022

Generasi muda termasuk dari kalangan Pelajar dan Mahasiswa dengan latar multi-disiplin memiliki peranan besar untuk memperjuangkan kemajuan bidang Standardisasi yang didorong oleh keberlanjutan serta kolaborasi untuk menjawab berbagai persoalan dalam berbagai perspektif.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang bertanggung jawab penuh di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Indonesia secara konsisten memupuk generasi penerus di bidang Standardisasi, tidak hanya secara internal namun juga eksternal. Dalam rangka memformulasikan kegiatan Generasi Muda Standardisasi, BSN menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang digelar pada Selasa (11/10/2022) di Jakarta.

Plt. Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan FGD.

Inisiasi Program Generasi Muda Standardisasi ini, dapat benar-benar membawa loncatan, bagaimana Indonesia merumuskan Standar Nasional Indonesia (SNI), menerapkan SNI, dan ketika menerapkan SNI perlu berangkat dari tujuan kebutuhannya.

Penyusunan pola atau formulasi pembentukan Komite Teknis Generasi Muda Standardisasi memerlukan adanya tracking continuity untuk keanggotaan, dengan maksud membangun komunikasi dan relasi berkelanjutan.

Anggota Komite Teknis Pelajar tersebut yang akan menghasilkan output "Standar pelajar" perlu memberikan nilai lebih yang dapat dihubungkan dengan kebutuhan SNI baik pengembangan maupun revisi.

Dalam konteks pengembangan standar pelajar akan ideal jika diselaraskan dengan skripsi atau penelitian yang dapat membantu kelulusannya.

Berbagai saran yang diterima dari para Narasumber dalam FGD ini akan diformulasikan dalam cetak biru dan dijabarkan dalam peta jalan yang kemudian akan disampaikan dalam seminar yang dijadwalkan pada minggu keempat Oktober 2022 di Palembang.