Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi Mendukung Inovasi Sumber Pangan Baru

  • Selasa, 20 September 2022
  • Humas BSN

Tantangan akan ketersediaan pangan secara berkelanjutan terus meningkat seiring meningkatnya populasi global. Beberapa perubahan sistem dan inovasi teknologi tersebut memunculkan isu mengenai New Food Sources and Production Systems (NFPS). New Food sources berkaitan dengan pangan yang tidak dikonsumsi secara luas. New food production system mencakup inovasi baru atau peningkatan dari teknologi pangan saat ini yang digunakan dalam memproduksi pangan baru. Inovasi produk pangan baru harus tetap terjamin keamanannya bagi kesehatan konsumen.

"Inovasi produk-produk pangan perlu diproduksi dengan komposisi atau bahan-bahan yang sesuai dengan standar keamanan pangan internasional atau mengadopsi best practices bidang pangan," ungkap Deputi Bidang Pengembangan Standar Badan Standardisasi Nasional (BSN), Hendro Kusumo dalam sesi pertama di acara Food Ingredients Asia Conference (FIAC) ke 7 yang diselenggarakan oleh SEAFAST Center IPB University pada Rabu (7/9/2022) di Jakarta.

Topik Diskusi Mengenai New Food Sources and Production System (NFPS) telah meningkat secara signifikan di forum pangan internasional, Codex Alimentarius Commission

Diskusi NFPS terkini dilakukan oleh The Executive Committee of the Codex Alimentarius Commission (CCEXEC81) dan The Codex Alimentarius Commission (CAC44)

Konferensi internasional FiAC ini juga disertai dengan pameran produk dan inovasi baru oleh para pelaku usaha di bidang pangan dari berbagai negara yang berlangsung selama 7 s/d 9 September 2022 di JIExpo Kemayoran Jakarta