Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi Menavigasi Produk Lokal Kembangkan Pasar di Tengah Persaingan Global

  • Jumat, 20 September 2024
  • Humas BSN

Untuk memperluas pasar sekaligus memberikan perlindungan kepada konsumen, pelaku usaha, serta masyarakat dari aspek keselamatan, keamanan, kesehatan, dan pelestarian lingkungan hidup, penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) menjadi langkah strategis. Hal ini termasuk berlaku bagi produk elektronik lokal maupun global yang mendukung gaya hidup masyarakat luas.

"Satu hal yang dapat digunakan sebagai tool untuk memperoleh pasar yang lebih besar, terutama produk elektronik dengan jenis yang sangat banyak guna mendukung lifestyle adalah dengan penerapan SNI," ungkap Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo dalam Seminar Update Peraturan Nasional yang digelar di Pameran Global Sources Indonesia, Kamis (19/9/2024) di Jakarta.

Pemerintah berupaya memastikan bahwa produk yang beredar di pasar Indonesia, baik produk lokal maupun impor, harus memenuhi kepentingan masyarakat, termasuk menawarkan harga yang kompetitif dan jaminan keselamatan bagi konsumen.

Dari sekian banyak produk elektronik, baru sedikit yang diregulasi agar menjadi produk yang berstandar. Hal ini dapat dipandang secara positif bagi para pelaku usaha, sebagai promosi guna perluasan pasar bagi para pelaku usaha dalam negeri maupun global.

Sebagai contoh penerapan SNI Wajib pada produk elektronik, di antaranya adalah SNI 7859:2013 Peranti listrik rumah tangga dan sejenis - Keselamatan - Bagian 1: Persyaratan umum.