Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Produk Unggulan Asal NTB, Mesin Hammer Mill Ondak Jaya dalam Proses Sertifikasi SNI

  • Kamis, 15 Agustus 2024
  • Humas BSN

Pengembangan potensi ekonomi daerah yang bertujuan memproduksi produk unggulan yang berdaya saing sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah, perlu terus didorong guna memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) dapat menjawab tantangan guna peningkatan daya saing, termasuk bagi produk unggulan daerah melalui pembinaan Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada UMKM; fasilitasi Sertifikasi SNI; hingga fasilitasi perluasan pasar baik domestik maupun ekspor bagi UMKM, industri, serta organisasi.

“Standardisasi menjadi elemen kunci dalam menjaga kualitas, efisiensi, dan daya saing di berbagai industri, termasuk bagi produk yang dihasilkan oleh UD. Ondak Jaya Teknik,” ungkap Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN), Nur Hidayati dalam kunjungan ke salah satu UMKM Binaan BSN, UD. Ondak Jaya Teknik, Lombok Timur - Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jum’at (9/8/2024).

Produk hammer mill UD. Ondak Jaya sedang dalam proses sertifikasi SNI dengan pembinaan dari Layanan Teknis SPK “SNI Corner” di NTB.

Dengan adanya perluasan Layanan Teknis SPK hingga NTB, diharapkan dapat membuka aksesibilitas terhadap layanan standardisasi bagi pelaku usaha lokal, mempermudah fasilitasi proses sertifikasi produk juga menyediakan konsultasi teknis SNI.